Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Proyek Jalan Tol di Atas Tanggul Raksasa Teluk Jakarta Masih Mengambang

Secara umum, tanggul laut lepas pantai akan dibangun di Teluk Jakarta sepanjang 35 kilometer, membentang dari ujung barat hingga ujung timur.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 05 Agustus 2019  |  17:44 WIB
Suasana di proyek pembangunan tanggul laut di Muara Baru, Jakarta Utara, Selasa (31/10). - JIBI/Felix Jody Kinarwan
Suasana di proyek pembangunan tanggul laut di Muara Baru, Jakarta Utara, Selasa (31/10). - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA — Pembangunan tanggul laut raksasa yang digadang-gadang ternyata masih menunggu pembahasan dan tidak pasti dibangun menjadi jalan tol.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Hari Suprayogi mengatakan bahwa untuk pembangunan tanggul laut masih dilakukan kajian-kajian yang bisa saja berubah sehingga rencana pembangunan jalan tol di atas tanggul tersebut bisa saja tidak diteruskan.

"Review masterplan ini boleh saja dong. Kajian ke mana arahnya tergantung pembahasan. Ini kan kajian sekarang jalan dan jembatan, bisa juga tol, tapi kalau memang diperlukan jalan bisa ditutup jadi tunnel atasnya," katanya saat dihubungi Bisnis, pekan lalu.

Kajian ini membutuhkan tujuh fase yang mana saat ini baru sampai 4 fase. Dan masih akan berubah tergantung pada hasil pembahasan yang dipilih.

"Ini baru fase 4 masih berubah-ubah, tapi saat ini pemikirannya seperti itu [ada jalan tol]. Target fase tujuh mungkin 2020. Saya kira nanti pasti sudah tahu akan jadi apa," ujar Hari.

Adapun, model pembiayaannya juga akan diputuskan dalam pembahasan fase enam.

Hari mengatakan bahwa model pembiayaannya bisa saja menggunakan kerja sama pemerintah dengan badan usaha atau menggandeng investor.

Secara umum, tanggul laut lepas pantai akan dibangun di Teluk Jakarta sepanjang 35 kilometer, membentang dari ujung barat hingga ujung timur.

Waktu pembangunan tanggul akan bergantung pada ketersediaan dana, kondisi di lapangan dan kerja sama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, hingga investor.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol giant sea wall tanggul raksasa
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top