Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Colliers: Sektor Perhotelan dan Kawasan Industri Mulai Pulih

Colliers Indonesia menyebut permintaan di sektor perhotelan dan kawasan industri mulai pulih.
Masterpland Batang Industrial Park (BIP), salah satu proyek kawasan industri di Batang, Jawa Tengah, besutan emiten properti  PT Intiland Development Tbk (DILD). /Intiland.
Masterpland Batang Industrial Park (BIP), salah satu proyek kawasan industri di Batang, Jawa Tengah, besutan emiten properti PT Intiland Development Tbk (DILD). /Intiland.

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah sempat tertekenan oleh pandemi Covid-19 selama kurang lebih dua tahun, kinerja sektor perhotelan dan kawasan industri telah terlihat terpantau mulai pulih.

Head of Research Colliers Indonesia Ferry Salanto mengatakan sektor perhotel telah menunjukkan ke arah perbaikan dan juga berpotensi menyamai kinerja di sektor retail juga juga telah berangsur pulih.

Menurutnya perbaikan permintaan hotel sepanjang tahun ini disebabkan oleh diturunkannya status level PPKM oleh pemerintah seiring dengan membaiknya penanganan pandemi Covid-19 di dalam negeri.

"Okupansi turun lumayan drastis walaupun menuju pemulihan," ujarnya, Rabu (6/7/2022).

Sementara itu, Ferry memaparkan bahwa sektor kawasan industri sepanjang tahun ini juga sudah mulai mengalami pemulihan dengan tren permintaan yang juga mengalami peningkatan.

Ferry menuturkan hingga kuartal II/2022, permintaan di sektor kawasan industri bahkan sudah mulai mendekati dengan capaian pada tahun lalu. Mengacu pada hal itu, dia memproyeksikan bahwa permintaan pada tahun ini bisa lebih tinggi jika dibandingkan dengan 2021.

"Ada kemungkinan lebih baik karena biasanya transaksi itu terjadi di semester II tiap tahunnya," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper