Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler Hari Ini: AS Siap Masuk Penghiliran Mineral RI dan Bunga Acuan Bank Sentral Eropa

Kesiapan investor AS masuk ke penghiliran mineral RI dan bunga acuan ECB jadi topik terpopuler Kanal Ekonomi Bisnis.com.
Ilustrasi smelter. Amerika Serikat (AS) bersiap menggelontorkan investasi di sektor penghiliran mineral Indonesia/Istimewa
Ilustrasi smelter. Amerika Serikat (AS) bersiap menggelontorkan investasi di sektor penghiliran mineral Indonesia/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Artikel mengenai investor Amerika Serikat (AS) siap masuk ke industri hilir mineral Indonesia menjadi perhatian para pembaca Kanal Ekonomi Bisnis.com.

AS seolah tak ingin kalah dan mengejar dominasi China di industri nikel Tanah Air. Selain itu, kenaikan suku bunga acuan yang diputuskan oleh Bank Sentral Eropa (ECB) juga menjadi berita yang paling banyak dibaca.

Berikut daftar 5 berita terpopuler di Kanal Ekonomi Bisnis.com:

1. Siap-siap AS Masuk Penghiliran Mineral RI, Lawan Dominasi China?

Amerika Serikat (AS) bersiap menggelontorkan investasi di sektor penghiliran mineral Indonesia. Seolah hendak mengejar dominasi China di industri nikel di Tanah Air.

Badan Pembiayaan Pembangunan AS atau Development Finance Corporation (DFC) telah mengungkapkan minatnya pada penghiliran mineral Indonesia dengan tujuan mengamankan akses ke teknologi baterai kendaraan listrik dan komponennya.

Scott Nathan, CEO DFC, mengakui kekayaan mineral yang melimpah di Indonesia, hal yang menjadi prioritas bagi administrasi Joe Biden untuk memastikan partisipasinya dalam pembangunan rantai pasok Asia Tenggara.

2. Tok! Bank Sentral Eropa ECB Naikkan Suku Bunga Acuan 50 Bps

Bank sentral Eropa, European Central Bank (ECB), memutuskan menaikkan suku bunga acuan pada Kamis (16/3/2023), di tengah gejolak pasar keuangan yang menimbulkan kekhawatiran terhadap krisis perbankan global.

Dilansir Reuters pada Kamis (16/3/2023), ECB menaikkan suku bunga acuan 50 basis poin untuk enam bulan berturut-turut dan mengatakan bahwa langkah ke depannya akan bergantung pada data yang masuk.

3. Modal Asing Masuk RI US$3 Miliar, Bos BI: Waspada Capital Outflow!

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran modal asing yang masuk ke Indonesia, khususnya untuk investasi portofolio mencapai US$3 miliar sejak awal tahun 2023 sampai dengan 14 Maret lalu.

Meski demikian, Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan bahwa terdapat aliran modal asing (capital outflow) yang keluar dari pasar keuangan domestik pada Maret 2023. Hal tersebut sejalan dengan meningkatnya ketidakpastian pasar keuangan global.

4. Tarif Tol Kunciran-Serpong Naik Mulai 19 Maret 2023, Catat!

Tarif Jalan Tol Kunciran-Serpong akan naik mulai Minggu 19 Maret 2023. Kenaikan tarif di ruas tersebut ditetapkan kepada seluruh jenis golongan kendaraan.

Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 325/KPTS/M/2023 tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Ruas Jalan Tol Kunciran–Serpong, mulai 19 Maret 2023 pukul 00.00 WIB akan diberlakukan penyesuaian tarif baru.

5. Tak Hanya Jakarta, Banjir Baju Bekas Hingga ke Nunukan

Penindakan impor pakaian bekas kembali digalakkan. Impor pakaian bekas ilegal menjadi sorotan setelah membanjiri pasar dalam negeri dan menggeser bisnis pakaian dalam negeri.

Fenomena masuknya barang bekas ini terekam dari aktivitas penangkapan terbaru oleh Bea Cukai di Nunukan, Kalimantan Utara.

Kepala Kantor Kantor Wilayah Ditjen Bea Cukai Kalimantan Bagian Timur Kusuma Santi Wahyuningsih menyebut pihaknya menangkap barang selundupan melalui nunukan berupa pakaian bekas, sepatu bekas, dan kosmetik senilai Rp1,48 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper