Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Uji Coba Transaksi Tol Tanpa Sentuh Dilakukan di Bali, Ini Alasannya

Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR menyebut uji coba transisi sistem transaksi tol nontunai dan nirsentuh akan dimulai pada Juni 2023.
Tol Bali Mandara/Youtube
Tol Bali Mandara/Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menilai Bali menjadi lokasi yang cocok untuk uji coba penerapan transaksi jalan tol nontunai dan nirsentuh atau multi lane free flow (MLFF).

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan, pelaksanaan uji coba MLFF masih berjalan sesuai dengan jadwal. Dia pun menampik bahwa uji coba yang akan dimulai pada Juni 2023 tersebut mundur dari jadwal.

Dia mengatakan, Bali akan menjadi lokasi uji coba yang ideal jika dibandingkan dengan lokasi awal yang dipilih, yakni Jagorawi dan JORR S.

"Kondisi traffic dan parameter ujinya lebih sesuai," ujarnya kepada Bisnis, Kamis (8/12/2022).

Danang mengungkapkan, uji coba transisi sistem transaksi tol MLFF ditargetkan berlangsung pada 1 Juni 2023. Uji coba dilakukan secara bertahap yang selama masa transisi pengguna bisa langsung bertransaksi dengan sistem MLFF menggunakan aplikasi tanpa melewati palang tol, tetapi gerbang untuk transaksi nontunai konvensional tetap ada.

Danang menjelaskan, dengan MLFF menggunakan aplikasi ini maka sistem transaksi tol akan lebih cepat karena pengguna tidak perlu lagi berhenti untuk menempelkan kartu elektronik sehingga antrean di gerbang tol tidak ada lagi. Selain itu, MLFF membuat biaya operasional pengumpulan tol semakin efisien.

"Kita mulai dengan hilangkan satu gerbang dulu di satu runs tol untuk MLFF, sementara gerbang yang lain tetap bisa digunakan untuk transaksi nontunai dengan kartu elektronik," kata Danang.

Direktur Utama PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) Peter Ong sebagai Badan Usaha Pelaksana sistem MLFF mengatakan, tahap awal uji coba ini rencananya akan dilakukan di Bali. Pemilihan Bali telah melalui proses diskusi, mempertimbangkan bahwa ruas tol ini belum terlalu padat sehingga akan lebih mudah melaksanakan kontrol untuk memastikan semua sistem berjalan dengan baik.

Selama uji coba, kegiatan sosialisasi dilakukan lebih masif agar segala informasi bisa tersampaikan dengan baik kepada masyarakat.

"Setelah Bali sudah menerapkan MLFF secara keseluruhan, baru kemudian kita akan uji coba di ruas tol lain," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper