Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Duh! Pengembang Tahan Penjualan Rumah Subsidi, Ini Penyebabnya

Pengembang rumah subsidi di daerah memilih untuk menahan penjualan dan pengembangan proyek baru. Ini sederet alasannya.
Foto udara areal komplek perumahan bersubsidi di kawasan Jalan Kecipir, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jumat (15/7/2022). ANTARA FOTO/Makna Zaezar
Foto udara areal komplek perumahan bersubsidi di kawasan Jalan Kecipir, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jumat (15/7/2022). ANTARA FOTO/Makna Zaezar

Bisnis.com, JAKARTA - Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) menyebut hampir 50 persen pengembang properti di daerah menahan pengembangan proyek baru dan penjualan rumah subsidi akibat kenaikan harga material dan ongkos produksi.

Wakil Ketua Umum REI Hari Gani bercerita tentang pengalamannya mengunjungi beberapa daerah dan menemukan sejumlah pengembang yang semakin merasa kesulitan untuk memproduksi rumah baru.

Hari menuturkan antara cost production atau ongkos produksi dengan harga jual rumah subsidi saat ini sudah tak sebanding. Para pengembang pun enggan menjual karena margin profit yang terlampau tipis.

"Saya tiap minggu itu keliling daerah, pengembang-pengembang rumah subsidi di daerah itu udah teriak-teriak, mereka gamau jualan rumah dulu karena production cost-nya lebih mahal," kata Hari saat dihubungi Bisnis, Senin (5/9/2022).

Dia mengungkapkan ada beberapa faktor yang menyebabkan pengembang menahan penjualan dan pengembangan proyek rumah subsidi. Beberapa faktor yang dimaksud adalah peningkatan harga material di kisaran 15-20 persen tahun ini, kenaikan harga BBM, dan tidak adanya penyesuaian harga rumah subsidi.

Di sisi lain, kerugian tak hanya akan dirasakan pengembang, tapi juga para calon pembeli rumah yang merupakan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Kalau kayak begini kan kondisi serba salah, yang rugi bukan hanya pengembang yang nggak bisa dapat cash flow dan nggak bisa jualan karena marginnya terlalu tipis atau bahkan ngga ada margin," ujarnya.

Hari melihat pembeli rumah subsidi yang butuh rumah pun akan kesulitan memperoleh rumah layak huni. Jika dilihat, pembeli rumah subsidi rata-rata merupakan end user yang disasar oleh MBR.

"Mereka sama-sama akan merugi, yang satu nggak bisa jual rumah dan yang satu nggak bisa beli rumah sekarang," kata Hari.

Lebih lanjut, Hari membandingkan dengan rumah komersial yang dikembangkan oleh developer properti besar. Kesulitan yang sama juga terlihat dari keputusan untuk menaikkan harga.

"Kenaikan harga kayak gini ya dia [pengembang rumah komersial] liat pasar, pasar baru pulih masak sudah naikin harga. Susah juga, paling dia efisiensi atau menurunkan profit margin," ujarnya.

Namun, dalam hal ini rumah komersial memiliki keuntungan yaitu tak hanya menyasar konsumen end user, tapi juga investor properti.

"Investor ini yang sekarang melihat properti sebagai sarana untuk menyimpan dana yang tepat, karena properti kan dilihat stabil nilainya," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper