Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jalan Tol IKN Siap Dilintasi Agustus 2024, Intip Progresnya

Kementerian PUPR optimistis Jalan Tol IKN tahap 1 sepanjang 27 kilometer dapat beroperasi fungsional pada Agustus 2024. Begini progresnya.
Progres Jalan Tol IKN Nusantara/Kementerian PUPR
Progres Jalan Tol IKN Nusantara/Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) optimistis Jalan Tol Akses Ibu Kota Nusantara (IKN) tahap 1 sepanjang 27 kilometer (km) dapat beroperasi fungsional pada Agustus 2024.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, menyebut pihaknya bakal mengebut rampung penyelesaian Jalan Tol Akses IKN pada Juli 2024. Sehingga ruas tol ini dapat difungsikan untuk menunjang lalu lalang kendaraan pada perayaan HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024.

“Sepanjang 27 km itu berawal dari Kariangau sampai ke Jembatan Pulau Balang. Itu yang akan kita optimalkan, kita manfaatkan pada 17 Agustus," kata Basuki dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (8/5/2024).

Basuki menjelaskan, nantinya ruas Tol Akses IKN tersebut minimal baru akan difungsionalkan satu arah dari Kariangau hingga Pulau Balang sebanyak tiga lajur beroperasi.

Adapun, pembangunan Tol IKN saat ini berjalan di tiga seksi yakni Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau (13,4 km) dengan pekerjaan utama penyelesaian Jembatan Sungai Wain.

Kemudian, penyelesaian Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung (7,3 km), dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang (6,7 km). Saat ini, sebagian diantaranya telah dilakukan pengaspalan.

Proyek Jalan Tol di IKN - Dok. Kementerian PUPR
Proyek Jalan Tol di IKN - Dok. Kementerian PUPR

Apabila tol akses IKN tersebut telah beroperasi, maka akan mengurangi waktu tempuh dari Balikpapan ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN dari semula 2 jam menjadi 45 menit.

Kemudian, sesuai prinsip IKN sebagai kota hutan dan kota pintar (smart forest city), sepanjang sisi jalan tol ini ditanami pohon-pohon endemik Kalimantan.

Di samping itu, Kementerian PUPR juga melaporkan telah melakukan pekerjaan duplikasi dan beautifikasi Jembatan Pulau Balang yang mulai dikerjakan sejak September 2022 meliputi pengecatan struktur, instalasi Structural Health Monitoring System (SHMS), armor blok beton, taman lanskap di area gedung Pusat Informasi Jembatan (PIJ), playground, ruko, toilet umum, masjid, pos jaga, floating dock, solar panel dan amphiteater.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper