Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Frekuensi Perjalanan LRT Jabodebek Urung Ditambah, Ini Sebabnya

KAI sebelumnya berencana untuk melakukan penambahan jadwal perjalanan LRT Jabodebek pada April 2024. Namun, hal itu urung dilakukan.
Rangkaian kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) melintas di Jakarta, Sabtu (9/9/2023). Bisnis/Arief Hermawan P
Rangkaian kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) melintas di Jakarta, Sabtu (9/9/2023). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI belum berencana untuk melakukan penambahan jadwal perjalanan LRT Jabodebek untuk periode April 2024.

Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono memaparkan, pada awalnya perusahaan berniat untuk menambah frekuensi perjalanan LRT Jabodebek untuk bulan depan. Namun, setelah hasil evaluasi yang dilakukan KAI, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dan lainnya, rencana tersebut urung terealisasi.

Dengan demikian, LRT Jabodebek akan tetap mengoperasikan 308 perjalanan untuk hari kerja dan 268 jadwal untuk akhir pekan atau weekend pada April 2024 mendatang.

“Berdasarkan hasil evaluasi ini belum cukup untuk dilakukan penambahan jadwal. Jadi, pola operasional akan sama dengan Maret ini,” kata Mahendro dalam media briefing di Jakarta pada Selasa (26/3/2024).

Salah satu pertimbangan pembatalan penambahan frekuensi perjalanan adalah volume penumpang harian. Mahendro menuturkan, dengan pola operasi existing pihaknya menargetkan volume pengguna harian dapat mencapai 65.000 orang.

Namun, hingga akhir Maret 2024, jumlah pengguna LRT Jabodebek per harinya masih berada di kisaran 60.000 hingga 61.000 penumpang pada hari kerja. Meski demikian, dia menyebut sejak awal diresmikan hingga saat ini, LRT Jabodebek belum pernah memberlakukan pola operasi yang sama selama 2 bulan beruntun. 

Oleh karena itu, dengan pola operasi yang sama dengan periode Maret 2024, KAI akan berupaya untuk meningkatkan jumlah rerata pengguna harian pada April mendatang. Hal tersebut salah satunya dilakukan dengan menjaga konsistensi dan keandalan pelayanan LRT Jabodebek.

“Makanya kita akan coba stabilkan volume pengguna harian dengan pola operasional yang tidak berubah ini. Nanti puncak volumenya [penumpang harian LRT Jabodebek] akan terlihat,” kata Mahendro.

Berikut jadwal operasional LRT Jabodebek saat hari kerja (Senin-Jumat) periode Maret 2024: 

1. Keberangkatan paling awal dari Stasiun Jatimulya menuju Stasiun Dukuh Atas adalah pukul 05:22 WIB; 

2. Keberangkatan paling awal dari Stasiun Harjamukti menuju Stasiun Dukuh Atas adalah pukul 05:30 WIB; 

3. Keberangkatan paling akhir dari Stasiun Dukuh Atas menuju Stasiun Jatimulya adalah pukul 22:08 WIB; 

4. Keberangkatan paling akhir dari Stasiun Dukuh Atas menuju Stasiun Harjamukti adalah pukul 22:13 WIB; 

5. Headway atau waktu tunggu kereta adalah 6 menit untuk segmen Dukuh Atas - Cawang dan 12,5 menit untuk segmen Cawang - Harjamukti/Jatimulya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper