Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sebulan Beroperasi, LRT Jabodebek Angkut 1,46 Juta Penumpang

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyebut banyak masyarakat yang antusias ingin mencoba LRT Jabodebek, terutama pada akhir pekan dan hari libur.
Kereta LRT Jabodebek melintas di dekat apartemen berorientasi TOD di Jakarta, Selasa (5/9/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha
Kereta LRT Jabodebek melintas di dekat apartemen berorientasi TOD di Jakarta, Selasa (5/9/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) melaporkan LRT Jabodebek telah mengangkut lebih dari 1,4 juta penumpang sejak mulai beroperasi pada 28 Agustus 2023 lalu.

Manajer Humas KAI Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo menjelaskan, hingga 28 September 2023 lalu, LRT Jabodebek telah melayani 1.464.913 masyarakat pengguna jasa. Jumlah pengguna jasa tertinggi terjadi pada 28 September 2023 sebanyak 87.852 penumpang dengan rata-rata pengguna jasa sebanyak 47.046 per hari. 

Dia memaparkan, penumpang terbanyak umumnya terjadi pada hari libur, serta Sabtu dan Minggu, mengingat banyak masyarakat yang antusias ingin mencoba moda transportasi baru yang hadir di wilayah Jabodebek.

Selama 1 bulan beroperasi, LRT Jabodebek memberlakukan tarif promo flat Rp5.000, baik jarak dekat maupun jauh sesuai keputusan dari Kementerian Perhubungan.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah antusias menggunakan LRT Jabodebek,” jelas Kuswardojo dalam keterangan resminya, dikutip Minggu (1/10/2023).

Pada awal diresmikan, LRT Jabodebek mengoperasikan 12 trainset dan 158 perjalanan setiap hari, serta waktu keberangkatan kereta pertama pukul 05.00 dan keberangkatan kereta terkahir pukul 18.58.

Melihat jumlah penumpang yang bertambah tiap harinya, maka jadwal perjalanan dan jam operasional pelayanannya pun diperpanjang untuk mengakomodir kebutuhan pengguna jasanya.

Kuswardojo mengatakan, saat ini, LRT Jabodebek mengoperasikan 16 trainset dan 234 perjalanan setiap hari, dengan waktu keberangkatan kereta pertama pukul 05.00 dan keberangkatan kereta terakhir pukul 19.58.

Dalam 1 bulan beroperasi, LRT Jabodebek juga terus berbenah dan berkomitmen untuk selalu berupaya memberikan pelayanan sebaik mungkin. Kuswardojo juga menyampaikan permohonan maaf atas beberapa kendala yang mengurangi kenyamanan penumpang LRT Jabodebek. 

“Kami sangat berterimakasih dan mengapresiasi perhatian dari para pengguna jasa LRT Jabodebek, yang selalu memberikan saran dan masukkan untuk peningkatan layanan LRT Jabodebek. Kami berkomitmen untuk selalu meningkatkan pelayanan guna memberikan yang terbaik bagi semua pengguna jasa LRT jabodebek,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper