Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Luhut: Presiden akan Jajal Kereta Cepat 8 September 2023

Luhut mengatakan tidak ada masalah yang dihadapi jelang peresmian Kereta Cepat yang ditargetkan pada awal Oktober 2023.
Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB). ANTARA/HO-PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).
Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB). ANTARA/HO-PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjajal Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) pada Jumat (8/9/2023) pekan depan.

Luhut mengatakan tidak ada masalah yang dihadapi jelang peresmian Kereta Cepat yang ditargetkan pada awal Oktober 2023. Menurutnya, seluruh proses pengerjaan dan pengujian berjalan dengan optimal sejauh ini.

Dia juga melaporkan Presiden Joko Widodo akan melakukan uji coba kereta cepat pada 8 September 2023 mendatang. Dalam uji coba tersebut, Luhut mengatakan Jokowi akan membawa seorang Perdana Menteri. Meski demikian, dia tidak menyebutkan nama dan asal negara pejabat yang akan diajak oleh Jokowi.

“Nanti tanggal 8 September Pak Presiden akan mencoba [kereta cepat] dengan salah satu perdana menteri,” kata Luhut saat ditemui di Stasiun LRT Dukuh Atas, dikutip Selasa (29/8/2023).

Adapun, Luhut akan kembali menjajal kereta cepat sebelum Jokowi pada 6 September mendatang. Dia menjelaskan, uji coba tersebut dia lakukan untuk memastikan kesiapan moda kereta cepat pertama di Indonesia tersebut.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, hingga saat ini kereta cepat ditargetkan mulai beroperasi pada 1 Oktober 2023.  Meski demikian, Budi Karya menyebut, pemerintah tidak akan tergesa-gesa untuk mengejar target operasi moda kereta cepat pertama di Indonesia tersebut. 

Budi Karya mengatakan, dirinya terus berkoordinasi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait target operasi tersebut. Dia juga mengaku melaporkan progres pengujian atau pengerjaan proyek tersebut. 

“Saya selalu konsultasi dengan Bapak Presiden jika ada sesuatu yang perlu dibenahi. Tetapi saat ini insyaallah 1 Oktober 2023 mulai beroperasi dan terintegrasi dengan LRT Jabodebek,” jelas Budi Karya.

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menambahkan, target operasional KCJB juga masih berpotensi kembali mundur jika ada beberapa aspek yang dirasa belum memenuhi standar selama masa pengujian. 

“Harus diuji dan memastikan semua aspek terpenuhi, sama seperti LRT. Bisa saja persiapan harus lebih lama, tapi sementara ini rencananya [1 Oktober 2023]," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper