Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LRT Meluncur Akhir Agustus, Menhub Beberkan Persiapannya

Menhub Budi Karya menjelaskan persiapan yang dilakukan jelang operasional LRT Jabodebek yang meluncur 26 Agustus 2023.
Rangkaian kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) melintasi jembatan lengkung di kawasan Jl. Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (2/8/2023). Bisnis/Arief Hermawan P
Rangkaian kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) melintasi jembatan lengkung di kawasan Jl. Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (2/8/2023). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Penyempurnaan aspek kenyamanan terus dilakukan pada LRT Jabodebek jelang target operasi komersial atau commercial operation date (COD) pada 26 Agustus 2023.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi seusai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menguji coba LRT Jabodebek dari Stasiun Jatimulya, Bekasi ke Stasiun Dukuh Atas, Jakarta pada Kamis (10/8/2023). 

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Menteri BUMN Erick Thohir, Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Plt. Walikota Bekasi Tri Adhianto, dan Plt. Bupati Bekasi Dani Ramdan. Selain itu, Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Didiek Hartantyo, serta para artis dan seniman ibu kota juga turut hadir dalam acara tersebut.

Budi Karya menjelaskan aspek keselamatan menjadi perhatian sebelum LRT Jabodebek beroperasi secara komersial. Dia mengungkapkan, pengujian telah dilakukan setiap harinya oleh tim Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian bersama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero), dan semua pihak terkait. 

Dia menuturkan, aspek yang tengah disempurnakan saat ini lebih terkait pada kenyamanan, yaitu akselerasi dan pengereman. Menurutnya, LRT Jabodebek saat ini sedang melakukan pemutakhiran perangkat lunak (software) persinyalan terbaru yang dapat meningkatkan kenyamanan di dalam kereta.

Selain itu, LRT Jabodebek juga sedang menyempurnakan software sarana Traction Control Unit (TCU). Budi Karya mengatakan, perangkat lunak ini dinilai dapat meningkatkan keselarasan dengan prasarana.

“Diharapkan ketika sudah dioperasikan nanti akan semakin memberikan kenyamanan bagi pengguna LRT Jabodebek. Target terdekat kami, proses uji coba operasional juga dapat segera dilaksanakan kembali untuk mendapatkan masukan kembali dari masyarakat,” Budi Karya dikutip dari keterangan resminya, Kamis (10/8/2023).

Sebelumnya, KAI juga memastikan LRT Jabodebek akan memulai masa operasi komersial pada 26 Agustus 2023. 

“Sesuai arahan Pak Presiden di harapkan LRT Jabodebek bisa operasi komersial pada 26 Agustus 2023,” kata Kepala Divisi LRT Jabodebek KAI Mochamad Purnomosidi.

Purnomosidi melanjutkan, pihaknya juga telah menyelesaikan proses sinkronisasi sistem kereta. Salah satu aspek pada LRT yang telah berhasil disempurnakan adalah sinkronisasi agar pintu kereta LRT sejajar dengan pintu tepi peron masing-masing stasiun saat berhenti. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper