Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fakta-fakta India Tarik Uang Kertas 2.000 Rupee Secara Mendadak

Berikut fakta-fakta tentang keputusan India menarik uang kertas 2.000 rupee dari peredaran secara mendadak.
Uang kertas pecahan 2.000 rupee yang ditarik Bank Sentral India./ Bloomberg.
Uang kertas pecahan 2.000 rupee yang ditarik Bank Sentral India./ Bloomberg.

Apa yang terjadi pada konsumen India?

Tidak seperti 2016, ketika pengumuman ini menyebabkan kekacauan, para analis percaya bahwa kali ini dampaknya akan bisa diredam. 

"Kami tidak melihat adanya kepanikan, tetapi banyak yang akan bergantung pada seberapa siap bank-bank menghadapi kerumunan orang," kata Yuvika Singhal, ekonom di QuantEco Research dikutip dari Bloomberg.

Bank sentral India telah menyarankan orang-orang untuk menyetor atau menukarkan uang kertas ini pada tanggal 30 September, tidak seperti tujuh tahun yang lalu ketika uang kertas 500 dan 1.000 rupee tidak lagi bernilai dalam semalam. Juga tidak ada batasan harian untuk jumlah yang dapat ditukarkan.

Bagaimana dampaknya ke pebisnis?

Para konsumen cenderung menggunakan uang kertas 2.000 rupee mereka untuk membeli barang-barang rumah tangga bernilai tinggi, logam mulia dan bahkan properti, mendorong sektor-sektor ini dan mendukung konsumsi di negara dengan ekonomi terbesar ketiga di Asia ini untuk sementara waktu.

"Keengganan masyarakat untuk mengungkapkan uang tunai mereka yang mungkin tidak tercatat dapat menyebabkan lonjakan awal dalam pengeluaran yang mencolok," kata Samiran Chakraborty, seorang ekonom dari Standard Chartered Bank.

Di sisi lain, Radhika Rao dari DBS Bank menilai sektor-sektor yang berorientasi pada uang tunai, termasuk peritel dan manufaktur kecil, mungkin enggan menerima uang kertas ini karena kerepotan untuk menukarkannya nanti. Namun gangguan ini sepertinya tidak akan berlangsung lama karena uang kertas ini masih merupakan alat pembayaran yang sah. 

Apa dampaknya terhadap bank-bank?

Peningkatan likuiditas akan mengurangi tekanan pada pemberi pinjaman di India untuk menaikkan suku bunga deposito untuk memenuhi permintaan kredit yang meningkat.

Bank-bank telah melaporkan pertumbuhan kredit dua digit dalam beberapa bulan terakhir karena perusahaan-perusahaan meningkatkan aktivitas untuk memenuhi permintaan domestik yang terus meningkat meskipun RBI telah menaikkan suku bunga acuan sebesar 250 basis poin sejak Mei tahun lalu.

Para ekonom dari QuantEco Research dan Kotak Mahindra Bank Ltd memperkirakan sebanyak 1 triliun rupee (setara US$12,1 miliar) dapat ditambahkan ke dalam sistem keuangan India sehingga mendorong reli dalam rupee dan surat-surat berharga pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper