Ini 7 Negara Penghasil Beras Terbesar di Dunia, Ada Indonesia?

Beras merupakan kebutuhan pokok masyarakat. Berikut ini sejumlah negara penghasil beras terbesar di dunia. Indonesia menjadi salah satunya.
7 Negara Penghasil Beras Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor Tiga (pixabay)
7 Negara Penghasil Beras Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor Tiga (pixabay)

Bisnis.com, JAKARTA - Beras merupakan hasil pertanian yang penting untuk sebagian besar negara di dunia ini. Bahkan, terdapat beberapa negara yang mendapatkan julukan sebagai negara penghasil beras terbesar di dunia.

Beras berasal dari olahan padi yang sudah dipanen. Padi yang sudah dipanen akan mengalami beberapa tahap pasca panen seperti perontokan, pengeringan, penggilingan, hingga akhirnya menjadi beras yang siap dimasak.

Di Indonesia, beras merupakan makanan pokok utama. Maka tak heran jika kita dengan mudah menjumpai tanaman padi di seluruh penjuru negeri.

Selain Indonesia, ternyata ada beberapa negara lain yang menanam padi. Berdasarkan data yang dirilis oleh Kementerian Pertanian, berikut ini beberapa negara penghasil tanaman padi terbesar di dunia dalam kurun tahun 2014-2018.

Negara Penghasil Beras Terbesar

1. China

Di posisi pertama ada Tiongkok sebagai negara penghasil padi terbesar di dunia. Dalam periode 2014-2018, negara ini bisa memproduksi padi hingga 210,91 juta ton dan memberikan kontribusi sekitar 27,81%.

Produksi padi atau beras ini sebanding dengan jumlah penduduknya yang besar. Produksi padi di negara ini sangat masif dan budaya pertanian di negara ini juga sangat kuat. Bahkan, sektor pertanian di Tiongkok tidak tergantikan meskipun industrialisasi terus digencarkan.

2. India

Di posisi kedua ada India sebagai negara penghasil beras terbesar di dunia. Negara yang jumlah penduduknya tak kalah besar dari Tiongkok ini mampu penghasilan padi sekitar 163,7 juta ton atau sekitar 21,59%.

Salah satu jenis beras yang terkenal dari India yaitu beras basmati. Beras ini memiliki ekstru khas dan diketahui hanya bisa ditanam pada wilayah dataran tinggi. Beras ini sangat cocok dimasak sebagai nasi kebuli.

3. Indonesia

Negara penghasil beras terbanyak di dunia yang nomor tiga yaitu Indonesia. Tidak dipungkiri, beras merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Maka dari itu, produksi padi di negara kita juga sangat tinggi.

Dalam kurun waktu 2014-2018, rata-rata produksi padi di Indonesia mencapai 77,96 juta ton dan berkontribusi hingga 10,28% atas total produksi padi dunia. Tak hanya produksinya yang tinggi, pengembangan dan penelitian seputar padi juga terus dilakukan.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya varietas padi yang ditanam di Indonesia. Ada yang bisa ditanam di lahan sawah yang tergenang air, namun ada juga varietas yang bisa ditanam di lahan kering. Pengembangan varietas padi ini bertujuan agar produksi padi di Indonesia bisa mencukupi kebutuhan dalam negeri dan mempercepat ketahanan pangan.

4. Bangladesh

Negara selanjutnya yang juga menghasilkan padi dalam jumlah banyak yaitu Bangladesh. Rata-rata produksi di negara ini mencapai 52,92 juta ton atau sekitar 6,98% dari total produksi padi dunia.

5. Vietnam

Negara penghasil beras terbesar di dunia berikutnya yaitu Vietnam. Tak berbeda jauh dengan Bangladesh, rata-rata produksi padi di negara ini sebanyak 43,99 juta ton atau sekitar 5,8% dari total produksi padi di dunia.

6. Thailand

Negara Asia Tenggara lainnya yang juga termasuk negara penghasil padi terbesar yaitu Thailand. Negara ini bisa memproduksi padi hingga 30,1 juta ton atau sekitar 3,97% dari jumlah produksi padi di dunia.

7. Myanmar

Myanmar juga termasuk negara penghasil padi paling besar di dunia. Negara ini bisa memproduksi padi hingga 25,86 juta ton atau sekitar 3,41% dari jumlah produksi tanaman padi dunia.

Itulah beberapa negara penghasil beras terbesar di dunia. Produksi padi yang tinggi membuktikan bahwa padi menjadi komoditas pertanian penting bagi masyarakat dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper