Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Strategi Ninja Xpress Tingkatkan Akurasi Pengiriman

Ninja Xpress mengoptimalkan penggunaan mesin DWS untuk meningkatkan akurasi pengiriman.
Ninja Xpress/Bisnis
Ninja Xpress/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Ninja Xpress mengoptimalkan penggunaan mesin dimension weight and scanning (DWS) system untuk hasil penghitungan paket yang lebih akurat dan efisien.

CMO Ninja Xpress Andi Djoewarsa mengatakan hingga saat ini sebanyak lebih dari 120 mesin DWS, sudah digunakan di pusat penyortiran Ninja Xpress yang ada di area Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Wilayah tersebut yang termasuk dalam lima besar wilayah asal (origin) pengiriman barang Ninja Xpress sepanjang 2021.

Penggunaan teknologi saat ini mutlak tak terhindarkan untuk menjamin akurasi berat dan juga dimensi paket. Teknologi digital juga akan membantu UKM/shipper dalam pengiriman dan mengefisiensikan biaya kirim barang,

Berkaca pada laporan Suara UKM Negeri pada tahun 2020, sebanyak 21 persen pelaku UKM mengatakan bahwa salah satu kendala utama yang mereka alami adalah mahalnya biaya pengiriman. Berat dan dimensi menjadi komponen penting yang menentukan biaya pengiriman.

“Dengan adanya mesin DWS yang melakukan pengukuran berat dan dimensi paket dengan akurat dan otomatis, Ninja Xpress berharap dapat mengurangi selisih hitungan dengan shipper sehingga proses faktur lebih cepat yang pada akhirnya membuat arus kas mereka menjadi lebih efisien,” ujarnya melalui keterangan resmi, Rabu (15/6/2022).

Ninja Xpress pun berencana menambah lebih dari 200 mesin DWS lagi pada 2022 ini agar lebih dapat mengakomodasi kebutuhan volume paket shipper di seluruh Indonesia.

Mesin DWS yang digunakan Ninja Xpress dapat melakukan pengukuran berat dengan akurasi hingga 50 gram dan dimensi hingga akurasi 2 cm. Kapasitas mesin ini mencapai 50 kg dan dimensi maksimal 70x50x40 cm. Salah satu keunggulan mesin ini adalah fitur 3D stereo camera yang dapat menangkap ukuran berat, dimensi, dan gambar paket secara bersamaan untuk dikirim ke sistem database dengan memindai barcode yang ada di paket sehingga memiliki bukti yang otentik.

Dalam waktu dekat, Ninja Xpress berencana akan menambah ratusan mesin DWS di pusat penyortirannya yang ada di seluruh area Jawa yakni Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali. Lima area tersebut merupakan paket asal (origin) terbesar Ninja Xpress. S

selain itu, mesin ini juga akan ditempatkan di pusat penyortiran yang ada di Pulau Sumatera meliputi Medan, Palembang, Pekanbaru, dan Lampung untuk mengakomodasi volume paket Ninja Xpress yang ada di seluruh Indonesia. Dengan penambahan ini, Ninja Xpress berharap sebanyak lebih dari 95 persen paket yang dikirimkan dapat ditimbang dan diukur secara akurat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper