Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Usai MotoGP, Angkasa Pura I: 1.000 Orang Bakal Padati Bandara Lombok Hari Ini

PT Angkasa Pura I (persero) memperkirakan adasekitar 11.000 penumpang yang akan berangkat dari Bandara Lombok pada hari ini, Senin (21/3/2022) usai menonton MotoGP.
Antrean penumpang di Counter Check ini bandara Internasional Zainuddin  Abdul Majid di Lombok./istimewa
Antrean penumpang di Counter Check ini bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid di Lombok./istimewa

Bisnis.com, LOMBOK – PT Angkasa Pura I (persero) memperkirakan puncak kepadatan penumpang yang akan kembali beraktivitas setelah menonton Moto GP terjadi pada pagi ini, Senin (21/3/2022) pukul 11.00.

Ari Haryanto Relation Manager Bandara Lombok menjelaskan kondisi bandara usai berakhirnya perhelatan MotoGP terpantau padat hingga Senin (13/3/2022).

Jika dibandingkan dengan kondisi normal selama pandemi, dia menuturkan ada peningkatan sekitar 300 persen penumpang. Lonjakan tersebut merupakan imbas digelarnya ajang balap motor terbesar tersebut.

"Prediksi puncak keberangkatan akan terjadi hari ini dengan sekitar 11.000 penumpang yang akan berangkat dari Bandara Lombok," ujarnya, Senin (21/3/2022).

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan mengantisipasi terjadinya lonjakan pergerakan penumpang keluar dari Lombok atau arus balik, pada Minggu (20/3/2022) atau setelah perhelatan MotoGP selesai.

“Minggu malam kemungkinan akan terjadi  puncak pergerakan penumpang  dari penonton MotoGP yang akan keluar dari Lombok. Kami telah berkoordinasi dengan para stakeholder dan operator untuk mengantisipasinya,” demikian disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai mengecek Bandara Internasional Lombok, Minggu (20/3/2022).

Menhub mengatakan telah berkoordinasi dengan pemangku kepentingan penerbangan baik pengelola bandara maupun maskapai untuk mempersiapkan tiket go show atau pembelian tiket langsung pada hari keberangkatan.

“Memang sudah ada pesawat berbadan besar jenis Boeing 777 dari Garuda, tetapi itu saja tidak cukup. Untuk itu, kami mempersiapkan tiket go show untuk rute Lombok-Bali. Karena di Mandalika hotel terbatas, jadi penonton yang mau menginap di Bali bisa memanfaatkan tiket go show tersebut,” jelas Menhub.

Menhub mengatakan, sejak Jumat (18/3) hinggi Minggu pagi ini, terjadi peningkatan jumlah penumpang yang dating ke Mandalika. “Alhamdulillah, hingga hari ini pelayanan konektivitas transportasi berjalan lancar,” ungkap Menhub.

Berdasarkan data dari Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub, untuk mengantisipasi melonjaknya jumlah penumpang dari dan ke Mandalika, pada hari ini, Minggu 20 Maret 2022 telah disiapkan sebanyak total 59 penerbangan tambahan yang terdiri dari 38 extra flight, 14 charter flight, dan 7 positioning flight, dengan jumlah total 9.392 kursi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper