Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Nataru, Begini Kesiapan Layanan Tol Milik Astra Infra

Optimalisasi layanan operasional maupun infrastruktur telah disiapkan untuk mendukung keselamatan berkendara di jalan tol Astra Infra.
Astra Infra/Mia Chitra Dinisari
Astra Infra/Mia Chitra Dinisari

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah pandemi yang masih melanda Indonesia dan kebijakan pemerintah dalam penerapan PPKM pada momen Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru) menuntut masyarakat untuk mengutamakan kesehatan dan keselamatan.

Astra Infra, kelompok usaha ASTRA yang telah berkontribusi di infrastruktur jalan tol sepanjang 357,5 km, menunjukkan komitmen dan kesiapan untuk memberikan pelayanan terbaik selama momen Natal dan Tahun Baru 2022 kepada pengguna jalan tol.

Group CEO Astra Infra, Djap Tet Fa mengatakan Astra Infra akan berkomitmen memberi layanan yang terbaik dan gencar mengampanyekan program selamat sampai tujuan (Setuju).

“Astra Infra tetap berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dan terus meningkatkan kontribusinya untuk kemajuan infrastruktur di Indonesia," ujarnya dalam virtual media gathering, Rabu (8/12/2021).

Seiring dengan kebijakan PPKM di tengah momen Nataru, Astra Infra tetap siap siaga melayani melalui kampanye Nataru Setuju, suatu pengalaman perjalanan di jalan tol ASTRA Infra di momen Nataru dengan mengutamakan kesehatan dan keselamatan berkendara agar selamat sampai tujuan.

Optimalisasi layanan operasional maupun infrastruktur telah disiapkan untuk mendukung keselamatan berkendara di jalan tol Astra Infra.

“Pada Nataru tahun ini, kami telah menyiapkan petugas khusus atau Satuan Tugas [Satgas] Nataru yang berjumlah lebih dari 1.000 personil yang terdiri dari petugas sentra informasi dan komunikasi, patroli, derek, medis, rescue, Patroli Jalan Raya (PJR), pemeliharaan jalan tol, hingga keamanan,” terangnya.

Kris menjamin setiap ruas jalan tol yang dikelola dalam kondisi baik dan bebas dari perambuan maupun pekerjaan peningkatan jalan.

Adapun sebanyak total 179 unit Warning Light dan 552 Closed-Circuit Television (CCTV) di jalan tol ASTRA Infra pun terdata berfungsi dengan baik.

Untuk layanan keamanan dan kenyamanan telah disiapkan total 34 armada PJR, 47 armada derek, 9 kendaraan rescue dan 18 ambulans.

"Bagi pengguna jalan tol yang memerlukan informasi maupun bantuan saat di jalan tol, Astra Infra juga memastikan bahwa petugas call center selalu siaga 24 jam," ujarnya.

Memperhatikan kesehatan dan keselamatan dari paparan Covid-19, pihaknya memastikan penerapan protokol pencegahan dan penanganan Covid-19 yang ketat termasuk Satgas Nataru yang telah mendapatkan vaksin Covid-19. Lalu dasilitas mitigasi Covid-19 di Rest Area dipastikan tersedia.

"Setiap pengunjung akan dilakukan pengecekan suhu tubuh serta diwajibkan mengakses aplikasi Peduli Lindungi sebagai upaya tracking Covid-19. Himbauan untuk menjalankan protokol kesehatan 5M juga terus disosialisasikan," katanya.

Kris mengungkapkan Astra Infra mengoptimalkan dan menambah Gerbang Tol Otomatis (GTO) dan mobile reader. Inovasi digital struk juga tersedia bagi penggunan jalan tol Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan dan Jombang-Mojokerto.

"Astra Infra bekerja sama dengan pemangku kepentingan yang terkait penerapan kebijakan pemerintah saat Nataru di jalan tol," ucapnya.

Dia mengimbau kepada pengguna jalan untuk selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang telah terpasang. Batas kecepatan maksimal di dalam tol 100 km/jam dan batas kecepatan minimum 60 km/jam.

"Kami juga mengimbau pengguna jalan untuk tetap waspada dan berhati-hati, terutama saat kondisi hujan dengan batas kecepatan maksimal 70 km/jam. Periksa kendaraan sebelum digunakan, jaga tubuh tetap fit dan tidak dalam keadaan mengantuk atau lelah ketika berkendara. Beristirahat di Rest Area saat merasa lelah atau mengantuk. Selalu aman berkendara agar tercipta kondisi lalu lintas yang lancar, aman dan nyaman. Selamat Sampai Tujuan," tutur Kris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper