Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lion Air Beri Bagasi Gratis, Efektif Pengaruhi Minat Terbang?

Masyarakat Tranportasi Indonesia (MTI) menilai efektivitas bagasi gratis yang diberikan Lion Air terhadap minat terbang masyarakat.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 23 Februari 2021  |  13:08 WIB
Pesawat Lion Air terparkir di Apron Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (17/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Pesawat Lion Air terparkir di Apron Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (17/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat Tranportasi Indonesia (MTI) menilai layanan bagasi tercatat gratis yang ditawarkan Lion Air hingga 15 kg tidak signifikan menarik minat penumpang untuk kembali melakukan perjalanan udara.

Ketua I MTI Suharto Abdul Majid mengatakan dalam situasi pandemi saat ini, tawaran tersebut bukan variabel yang dapat mempengaruhi motivasi masyarakat secara umum agar melakukan perjalanan.

"Menurut saya kalau sekedar menggratiskan atau tidak memberikan biaya untuk masalah bagasi sampai 15 kg, itu untuk kondisi sekarang bukan variabel yang signifikan," ujarnya kepada Bisnis.com, Selasa (23/2/2021).

Menurutnya, layanan gratis bagasi tercatat ini hanyalah sebuah kemudahan yang diberikan Lion Air bagi para penumpang. Cara ini bahkan bukan hal baru di bisnis penerbangan.

"Ini kan kembali ke masa lalu. Aturan masa lalu kan sebenarnya memang penumpang dapat free, dapat kemudahan dan gratis [layanan bagasi]. Misalnya kelas bisnis dapat gratis sampai 30 kg dan ekonomi 15–20 kg," ungkapnya.

Sebelumnya, Lion Air mengumumkan akan memberikan layanan bagasi tercatat gratis 15 kg untuk rute penerbangan domestik Jakarta dan Batam. Layanan tersebut mulai berlaku sejak 22 Februari 2021 hingga pemberitahuan lebih lanjut (until further notice/UFN).

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang M. Prihantoro mengatakan layanan bagasi gratis tersebut merupakan program baru guna menjawab peluang dan tantangan bisnis seiring pertumbuhan tren perjalanan udara yang simple sesuai era kekinian. Selain itu layanan ini merupakan upaya meningkatkan minat bepergian menggunakan pesawat udara.

Danang berharap hadirnya opsi program khusus ini agar setiap penumpang dapat melakukan perjalanan udara lebih ekonomis serta terjangkau dengan pilihan kapasitas bagasi tercatat 15 kg.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lion air
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top