Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dengan Modal Rp500 Juta, Anda Sudah Bisa Buka SPBU!

Sampai saat ini, Shell telah bekerja sama dengan 45 mitra untuk mengelola 121 SPBU.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 17 Februari 2021  |  15:58 WIB
SPBU Shell.  - SHELL
SPBU Shell. - SHELL

Bisnis.com, JAKARTA — Shell Indonesia kembali membuka peluang kepada masyarakat untuk menjadi mitranya dalam bisnis penyaluran bahan bakar minyak.

Dengan bermodalkan Rp500 juta untuk investasi satu stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), masyarakat di Surabaya dan Medan bisa menjadi mitra yang mengoperasikan sampai dengan tiga SPBU Shell dengan investasi yang lebih kompetitif.

Peluang bisnis SPBU Shell di lima provinsi besar itu merupakan program kemitraan Company Owned Dealer Operated (CODO), yang menawarkan kemudahan seperti tidak perlu memiliki modal tanah, bangunan, dan peralatan.

Shell akan meminjamkan aset berupa SPBU yang sudah dibangun dan siap dikelola oleh para mitranya. Kelengkapan infrastruktur ini juga mencakup bisnis penunjang di SPBU yang akan dijalankan juga oleh mitra seperti convenience store, kedai kopi, dan bengkel.

Program kemitraan ini sudah berjalan selama 15 tahun di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Sampai saat ini, Shell telah bekerja sama dengan 45 mitra untuk mengelola 121 SPBU di provinsi-provinsi tersebut.

Sari Rachmi, Retail Business Optimization Manager Shell Indonesia, mengatakan program kemitraan yang ditawarkan itu disebut sebagai salah satu solusi untuk Shell atau pun mitra.

“Karena kami bisa bermitra dengan pengusaha terbaik di daerah masing-masing dan sebaliknya mereka mendapatkan kesempatan untuk menjadi pengusaha bisnis SPBU dengan modal Rp500 juta,” ungkapnya.

Shell Indonesia secara massif mengembkan jaringan SPBU-nya di sejumlah prinvisi dan kota-kota besar di Indonesia.

Head of Dealer Network Shell Indonesia Agung Saputra mengatakan Shell mencatatkan pertumbuhan pembangunan SPBU dari 108 SPBU pada 2019 menjadi 137 SPBU di akhir 2020 atau tercatat meningkat 27 persen.

Dari total 137 SPBU Shell yang beroperasi, 16 diantaranya merupakan investasi Shell bersama mitra pengusaha daerah yang bergabung dalam program Shell Dealer Owned Dealer Operated (DODO).

"SPBU Shell tidak hanya tersebar di kota-kota besar, tapi juga di kota-kota lapis kedua seperti Karawang, Cirebon, Tuban, dan Jombang," jelasnya.

Pada 2021, Shell akan terus aktif dalam menggandeng mitra pengusaha untuk mengembangkan SPBU Shell di berbagai daerah di Indonesia.

“Shell mengajak para pengusaha daerah untuk bersama-sama menggerakkan roda perekonomian daerah dan berkontribusi dalam membangun ekonomi Indonesia melalui bisnis SPBU,” ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

spbu shell
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top