Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

5 Berita Populer Ekonomi, Horee..Naik Kereta Api Tak Perlu SIKM Lagi dan Boeing, Terbang Lebih dari 1 Abad di Tengah Turbulensi Bisnis

Berita naik kereta api tak perlu SIKM lagi jadi berita terpopuler kanal Ekonomi hari ini, Kamis (16/07/2020).
Laras Devi Rachmawati
Laras Devi Rachmawati - Bisnis.com 16 Juli 2020  |  16:47 WIB
Sejumlah penumpang dengan mengenakan masker di dalam gerbong kereta api luar biasa relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi lintas selatan di Stasiun Gambir, Jakarta. - Antara
Sejumlah penumpang dengan mengenakan masker di dalam gerbong kereta api luar biasa relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi lintas selatan di Stasiun Gambir, Jakarta. - Antara

1. Horee..Naik Kereta Api Tak Perlu SIKM Lagi

Pengguna moda transportasi kereta api arak jauh kini tidak memerlukan surat izin keluar masuk (SIKM) karena sudah dihapus oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Para pengguna kini hanya perlu mengisi Corona Likelihood Metric (CLM) yang disediakan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero).

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan sejak Selasa (14/7/2020), pengguna kereta jarak jauh sudah tidak memerlukan SIKM. Sebagai gantinya, pengguna dapat mengisi CLM pada aplikasi JAKI yang bisa diunduh di Google Play Store dan Apple App Store. Dia meminta masyarakat bersikap jujur dalam mengisi keterangan di CLM.

Baca berita selengkapnya di sini.

2. Singapura Menyusul, Ini Negara-Negara yang Alami Resesi di Tahun 2020

Ekonomi Singapura resmi terjerumus ke dalam resesi akibat dampak circuit breaker atau pembatasan sosial terhadap bisnis dan pengeluaran ritel.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis Selasa (14/7/2020), Departemen Perdagangan dan Industri Singapura melaporkan produksi domestik bruto (PDB) terkontraksi 41,2 persen pada kuartal II/2020 dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Baca berita selengkapnya di sini.

3. Menilik Peluang Indonesia dari Resesi Singapura

Singapura, salah satu negara adidaya di Asia Tenggara akhirnya harus mengalami resesi. Sejumlah pengamat menilai, hal tersebut dapat berdampak negatif ke Indonesia. Namun demikian, sejatinya terdapat pula sejumlah peluang yang bisa dimanfaatkan oleh Tanah Air.

Seperti diketahui, Singapura merupakan mitra strategis Indonesia terutama di sektor perdagangan maupun investasi. Posisinya sebagai hub ekonomi di Asia Tenggara, sangat mempengaruhi perekonomian negara di kawasan tersebut.

Baca berita selengkapnya di sini.

4. Hore! Indonesia Punya Vaksin Covid-19 Tahun Depan

Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman menargetkan vaksin yang diberi nama 'Merah Putih' ini dapat diedarkan secara masal di akhir 2021 untuk menghadapi virus Covid-19.

Kepala Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman Prof Amin Soebandrio menjelaskan pihaknya akan melakukan pengembangan vaksin protein rekombinan yang akan menjadi produk mandiri Indonesia sebagai vaksin Covid-19 berdasarkan virus SARS-CoV-2 yang beredar. Dia cukup optimistis hasil pengembangan bibit vaksin Covid-19 bisa selesai pada kuartal I/2020.

Baca berita selengkapnya di sini.

5. Boeing, Terbang Lebih dari 1 Abad di Tengah Turbulensi Bisnis

Hari ini (15/7/2020), tepat 104 tahun silam, sejarah besar industri kedirgantaraan dunia berhasil ditorehkan. Kala itu, Pacific Aero Products Co. yang menjadi cikal bakal The Boeing Company resmi didirikan oleh William E. Boeing.

Hal itu berawal dari inisiatif William E. Boeing, yang mengubah pabrik galangan kapal di tepian Sungai Duwamish, Seattle menjadi pabrik pesawat yang bernama Pacific Aero Products Co pada 1916. Hal itu dilakukan oleh William dengan berbekal modal US$100.000.

Baca berita selengkapnya di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

boeing singapura Berita Terpopuler covid-19
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top