Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pabrik Boeing di Everett, Washington AS. - Dok. Boeing.
Premium

Boeing, Terbang Lebih dari 1 Abad di Tengah Turbulensi Bisnis

15 Juli 2020 | 09:30 WIB
Hari ini, Rabu (15/7/2020) tepat menjadi ulang tahun ke-104 bagi The Boeing Company. Sederet lika-liku bisnis telah dilewati dan ditemui perusahaan pesawat terbang asal AS, termasuk skandal dari seri 737 Max dan pandemi Covid-19.

Bisnis.com, JAKARTA – Hari ini (15/7/2020), tepat 104 tahun silam, sejarah besar industri kedirgantaraan dunia berhasil ditorehkan. Kala itu, Pacific Aero Products Co. yang menjadi cikal bakal The Boeing Company resmi didirikan oleh William E. Boeing.

Hal itu berawal dari inisiatif William E. Boeing, yang mengubah pabrik galangan kapal di tepian Sungai Duwamish, Seattle menjadi pabrik pesawat yang bernama Pacific Aero Products Co pada 1916. Hal itu dilakukan oleh William dengan berbekal modal US$100.000.

Langkah tersebut juga menandai proses pemindahan produksi pesawat amfibi pertama buatan William yakni Boeing B & W Seaplane. Sebelumnya, produk ini telah diujicobakan pada 15 Juni 1916 atau tepat sebulan sebelum perusahaan tersebut resmi dibentuk.

Keberhasilan Boeing dalam mengembangkan pesawat bermodel amfibi menjadi keuntungan tersendiri bagi Angkatan Laut AS. Pasalnya pada 1917 AS memulai konfliknya dengan Jerman yang menandai berawalnya Perang Dunia I.

Tak ayal, pesanan pesawat oleh angkatan perang AS kepada perusahaan tersebut pun meningkat tajam. Pesanan terbesar datang pada pesawat amfibi Model C yang didesain oleh desainer aeronautical pertama Boeing yakni Tsu Wong.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top