Kementerian PUPR Bahas Kelanjutan Proyek SPAM Mebidang

Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum berkomitmen untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum regional Mebidang.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 04 Februari 2020  |  12:43 WIB
Kementerian PUPR Bahas Kelanjutan Proyek SPAM Mebidang
Pekerja menyelesaikan pembangunan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (15/11/2018). - ANTARA/Zabur Karuru

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum berkomitmen untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum regional Mebidang.

Anggota Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) Unsur Penyelenggara H.M. Limbong mengatakan bahwa pihaknya akan membantu melakukan kajian terkait kelembagaan SPAM Regional Medan, Binjai, Deli Serdang (Mebidang). 

“BPPSPAM akan mengkaji lembaga mana yang lebih pas untuk mengelola SPAM Mebidang. Apakah bisa dilakukan oleh PDAM atau PDAB,”kata Limbong seperti dikutip dalam informasi yang dirilis pada situs Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Selasa (4/2/2020).

Selain meninjau aspek kelembagaan, imbuhnya, masih ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk melaksanakan kelanjutan pembangunan SPAM Regional Mebidang seperti peninjauan terhadap detail engineering design (DED) dan perjanjian kerja sama (PKS) antar pemerintah daerah yang terlibat dalam SPAM Regional Mebidang. 

Kasubdit Wilayah I Direktorat Pengembangan SPAM (DitPSPAM) Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Darmawel Umar menyatakan bahwa DitPSPAM akan memastikan semua pemerintah daerah yang terlibat melakukan penandatangan PKS antar Pemda secepatnya.

Selain itu DitPSPAM juga akan berkoordinasi dengan Pemerintah daerah Sumatera Utara melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Utara. 

Seperti diberitakan Bisnis sebelumnya, pemerintah pusat menaruh perhatian terhadap pelaksanaan program ini, karena sudah terbengkalai sekitar delapan tahun lamanya. Adapun, tujuan pembangunan proyek SPAM regional Mebidang ini adalah untuk memenuhi kebutuhan air baku di kota Medan dan sekitarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
infrastruktur, spam, Kementerian PUPR

Editor : Fitri Sartina Dewi
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top