Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Lebaran, Penumpang KRL Jabodetabek Membeludak di Stasiun Bogor

Antrean panjang terjadi di seluruh gate keluar maupun masuk stasiun Bogor pada momen libur lebaran, Minggu (14/4/2024).
Antrean panjang penumpang KRL Jabodetabek terjadi di Stasiun Bogor pada momen libur Lebaran, Minggu (14/4/2024) atau H+4 Lebaran - BISNIS/Dwi Rachmawati.
Antrean panjang penumpang KRL Jabodetabek terjadi di Stasiun Bogor pada momen libur Lebaran, Minggu (14/4/2024) atau H+4 Lebaran - BISNIS/Dwi Rachmawati.

Bisnis.com, JAKARTA - Jumlah penumpang KRL Commuter Line membeludak di Stasiun Bogor pada momen libur Lebaran, Minggu (14/4/2024) atau H+4 Lebaran.

Berdasarkan pantauan Bisnis.com, kepadatan penumpang KRL terjadi di kedua pintu masuk Stasiun Bogor. Bahkan, antrean mengular terjadi di seluruh gate keluar maupun masuk stasiun.

Kemacetan lalu lintas sekitar Stasiun Bogor juga terjadi, di arah barat yakni Jembatan Merah, Pasar Merdeka menuju stasiun. Deretan angkutan kota (angkot) mengular di sekitar Lapas Paledang dan di depan Stasiun Bogor hingga alun-alun arah Kebun Raya Bogor.

Teriakan pedagang kaki lima di pinggir Stasiun Bogor seakan saling saut-menyaut. Mulai dari pedagang tahu ala Sumedang, pedagang gemblong, hingga pedagang asianan khas Bogor. Cuaca nan mendung menandakan hujan akan mengguyur kota yang memang memiliki julukan Kota Hujan itu.

Terpantau banyak penumpang KRL Jabodetabek yang membawa koper maupun tas besar baik dari arah Jakarta maupun sebaliknya. Tidak sedikit penumpang KRL membawa rombongan anggota keluarganya yang tiba di Bogor, maupun yang melakukan perjalanan dengan kereta arah Jakarta Kota.

Sejumlah personel petugas kemanan dan karyawan KAI berjaga di berbagai sudut Stasiun Bogor. Ada petugas stasiun yang berjaga di meja posko lebaran, hingga petugas keamanan yang mengarahkan barisan antrean di gate masuk maupun keluar stasiun.

Tini, salah seorang penumpang KRL yang tiba di Stasiun Bogor mengaku akan melakukan kunjungan ke rumah orang tuanya di daerah Ciapus, Bogor. Dia berangkat bersama anaknya untuk bersilaturahmi selagi momentum lebaran masih berlangsung.

"Ke Bogor ke rumah orang tua di Ciapus, sekalian liburan sama anak," ujarnya saat ditemui di Stasiun Bogor.

Sementara itu, Sabrina penumpang lainnya yang baru tiba di Stasiun Bogor mengaku sengaja pergi ke Kota Hujan itu bersama rekan-rekan sejawatnya untuk berkunjung ke Kebun Raya Bogor dan berwisata kuliner di kawasan Pecinan Surya Kencana. 

"Dari Pasar Minggu, mau main ke Bogor. Jalan-jalan aja ke Kebun Raya sama kulineran di Surken [Surya Kencana]," ucapnya.

Sebelumnya, KAI Commuter mencatat volume pengguna Commuter Line Jabodetabek selama periode lebaran hingga Sabtu, 13 April 2024 mencapai 10.119.252 orang.

Dari pantauan di stasiun keberangkatan, pengguna masih didominasi dengan pengguna musiman yang membawa anak dan keluarga untuk silaturahmi atau sekedar berwisata di kawasan wisata sekitar stasiun.

Stasiun Bogor menjadi stasiun keberangkatan dan tujuan tertinggi dengan masing-masing pengguna sebanyak 17.469 orang naik dan 24.202 orang yang turun di stasiun tersebut.

Selain itu untuk Stasiun destinasi, Stasiun Jakartakota dipadati pengguna sebanyak 13.670 orang, dikuti Stasiun Tanah Abang 9.464 orang, Stasiun Pasarminggu 9.048 orang, Stasiun Tebet 6.287 orang, Stasiun Depokbaru 6.154 orang dan Stasiun Rangkasbitung dengan 6.068 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Rachmawati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper