Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Gas (PGAS) Kalah, Inilah 10 Perusahaan Migas Terbesar di Dunia Berdasarkan Kapitalisasi Pasar

Sejumlah perusahaan dari China hingga Arab Saudi menjadi entitas bisnis gas dengan kapitalisasi pasar terbesar di dunia. Tidak termasuk Pertamina Gas (PGAS)
Ilustrasi penambangan gas alam di Iran/Caspian News
Ilustrasi penambangan gas alam di Iran/Caspian News

5. Shell Plc 

Kapitalisasi Pasar: US$207,14 Miliar

Shell plc adalah perusahaan minyak dan gas multinasional Inggris yang menempati peringkat 5 besar dalam daftar perusahaan gas alam terbesar di dunia. Berkantor pusat di London, perusahaan ini mengkhususkan diri dalam eksplorasi, produksi, pemurnian, dan pemasaran gas alam dan minyak. Shell plc memiliki kapitalisasi pasar sebesar US$207,14 miliar per 11 Maret 2024.

4. PetroChina Company Limited 

Kapitalisasi Pasar: US$223,36 Miliar

PetroChina Company Limited adalah perusahaan minyak dan gas asal China yang termasuk di antara perusahaan gas alam terkemuka di dunia. Sebagai perusahaan minyak dan gas terbesar di Asia, perusahaan ini bergerak dalam bidang eksplorasi, produksi, penyulingan, dan pemasaran minyak mentah dan gas alam.  

PetroChina Company Limited memiliki kapitalisasi pasar sebesar US$223,36 miliar pada 11 Maret 2024.

3. Perusahaan Chevron

Kapitalisasi Pasar: US$282,3 Miliar

Chevron Corporation adalah perusahaan energi multinasional Amerika yang menempati peringkat 3 teratas dalam daftar 20 perusahaan gas alam terbesar di dunia.  Perusahaan ini berspesialisasi dalam minyak dan gas.  

Chevron Corporation bergerak dalam setiap aspek bisnis gas alam, termasuk eksplorasi, produksi, pencairan, pelayaran, jaringan pipa, pembangkit listrik, gas-ke-cair, serta pemasaran dan perdagangan. Sampai dengan 11 Maret 2024, Chevron Corporation memiliki kapitalisasi pasar sebesar US$282,3 miliar.

2. Exxon Mobil Corporation

Kapitalisasi Pasar: US$432,57 Miliar

Exxon Mobil Corporation adalah perusahaan minyak dan gas multinasional Amerika yang menempati peringkat kedua dalam daftar perusahaan gas alam terbesar di dunia.  

Perusahaan ini terintegrasi secara vertikal di seluruh industri minyak dan gas dan memiliki portofolio operasi gas alam cair global yang luas. Pada 11 Maret 2024, Exxon Mobil Corporation memiliki kapitalisasi pasar sebesar US$432,57 miliar.

1. Saudi Arabian Oil Company

Kapitalisasi Pasar: US$2,05 Triliun

Saudi Arabian Oil Company, yang juga dikenal sebagai Saudi Aramco, berada di puncak daftar perusahaan gas alam terbesar di dunia. 

Aramco adalah perusahaan minyak dan gas alam milik negara Arab Saudi. Pada 2022, perseroan memiliki kapasitas pengolahan gas sekitar 18 miliar standar kaki kubik per hari (scfd). Sebagai perusahaan gas alam terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar, Saudi Arabian Oil Company memiliki kapitalisasi pasar sebesar US$2,05 triliun per 11 Maret 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper