Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HK: Tol Pekanbaru-Dumai Jadi Primadona di Tol Trans Sumatra

PT Hutama Karya atau HK mencatat trafik kendaraan di Jalan Tol Trans Sumatra ruas Pekanbaru-Dumai menjadi yang terpadat.
Ilustrasi Jalan Tol - Freepik
Ilustrasi Jalan Tol - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) atau HK mencatat trafik kendaraan di Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) ruas Pekanbaru - Dumai (Permai) menjadi yang terpadat.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo menyampaikan lalu lintas harian rata-rata (LHR) Tol Permai mencapai 16.000 kendaraan.

“Tingginya trafik tersebut didukung dengan tingginya minat masyarakat Provinsi Riau untuk mempersingkat waktu tempuh ke tempat kerja maupun untuk sekedar berlibur saat akhir pekan,” tutur Tjahjo dalam keterangan tertulisnya, dikutip Rabu (8/11/2023).

Bahkan, total kendaraan yang melintasi Jalan Tol Pekanbaru - Dumai tersebut mencapai 28,58% dari total LHR JTTS hingga periode Oktober 2023 sebanyak 56.000 kendaraan.

Sementara itu, Tjahjo juga menyampaikan trafik di ruas lainnya masih cukup stabil di antaranya yakni Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung sebanyak 14.000 ribu kendaraaan, Ruas Palembang – Indralaya sebanyak 8.400 kendaraan, dan Ruas Binjai – Langsa sebanyak 8.200 kendaraan.

Kemudian, Ruas Pekanbaru – Bangkinang sebanyak 4.700 kendaraan, Sigli – Banda Aceh sebanyak 3.000 kendaraan, dan Tol Bengkulu – Taba Penanjung sebanyak 1.500 kendaraan.

Untuk diketahui, Jalan Tol Permai sendiri telah beroperasi selama 3 tahun sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 25 September 2020 secara virtual.

AdapunTol Pekanbaru - Dumai terdiri dari 6 seksi dengan total panjang mencapai 131,5 kilometer (KM). Perinciannya, Seksi 1 (Pekanbaru - Minas) memiliki total panjang 9,5(KM) dan Seksi 2 (Minas - Kandis Selatan) sepanjang 24,1 KM.

Seksi 3 (Kandis Selatan - Kandis Utara) sepanjang 16,9 KM, Seksi 4 (Kandis Utara - Duri Selatan) sepanjang 26,5 KM, Seksi 5 (Duri Selatan - Duri Utara) sepanjang 29,45 KM, dan Seksi 6 (Duri Utara - Dumai) sepanjang 25,05 KM.  

Tol ini juga dilengkapi dengan 7 Gerbang Tol dan 5 pasang atau 10 titik Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area. TIP akan terbagi menjadi 2 (dua) tipe yakni Tipe A yang terletak di KM 14,5, KM 45, dan KM 82, sedangkan Tipe B terletak di KM 64 dan KM 13 (arah Pekanbaru). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alifian Asmaaysi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper