Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jepang Tarik Pembiayaan PLTU di Indramayu, Begini Respons Jokowi

Jokowi angkat bicara terkait dengan langkah Jepang yang bakal menarik pembiayaan untuk proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) batu bara.
PLTU Jawa 8/ Istimewa - PLN
PLTU Jawa 8/ Istimewa - PLN

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara terkait dengan langkah Jepang yang bakal menarik pembiayaan untuk proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) batu bara di Indonesia

Menurutnya, pemerintah akan tetap mendorong kebutuhan listrik secara nasional. Apalagi, kata Jokowi, saat ini pemerintah juga akan meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terapung Waduk Cirata yang rencananya akan diresmikan dan bakal beroperasi pada November 2023.

Hal ini dia sampaikan usai meninjau panen petani di Jalan PLTU Indramayu, Desa Karanglayung, Sukra, Jawa Barat, Jumat (13/10/2023).

“Sekarang ini kita mulai bergeser ke energi hijau, ke hidropower, solar panel, saya kira di Jawa Barat ada yang mau kita resmikan di Cirata, kemudian energi angin, geothermal itu yang kita berikan prioritas. Kalau ada PLTU itu harus super critical semuanya, standar-standarnya itu saya kira di kementerian ESDM tau semua,” katanya kepada wartawan.

Sekadar informasi, Jepang akan menarik pembiayaan untuk proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) batu bara di Bangladesh dan Indonesia dalam upaya mempercepat penggunaan bahan bakar fosil.

Mengutip Bloomberg, Sabtu (25/6/2022), negara dengan ekonomi terbesar kedua di Asia itu akan berhenti memberikan pinjaman untuk proyek ekspansi batu bara Matarbari 2 di Bangladesh dan PLTU  Indramayu di Indonesia, kata Kementerian Luar Negeri negara itu dalam sebuah pernyataan.

Langkah itu dilakukan beberapa hari menjelang pertemuan negara-negara G-7, yang tahun lalu sepakat untuk menghentikan pembiayaan internasional untuk proyek batu bara. Jepang pada awalnya menentang langkah itu, dan kemudian memperketat persyaratan untuk proyek batu bara di luar negeri. Pasalnya, Jepang telah mendapat kritik tajam atas dukungan tersebut.

Jepang menyumbang separuh dari US$6,6 miliar dukungan pembiayaan terhadap batu bara dari negara-negara G-7 pada 2019, menurut Bloomberg NEF.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper