Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

8 PSN Belum Rampung, PUPR Pastikan Proyek Tidak Mangkrak

Kementerian PUPR menyampaikan terdapat 8 proyek strategis nasional (PSN) yang saat ini tengah diajukan permohonan untuk perpanjangan waktu penyelesaian.
Tol Serang-Panimbang ruas 1 Serang-Rangkasbitung./Kementerian PUPR
Tol Serang-Panimbang ruas 1 Serang-Rangkasbitung./Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyampaikan komitmennya untuk mengebut pembangunan sejumlah proyek strategis nasional (PSN).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR, Mohammad Zainal Fatah, menjelaskan bahwa terdapat sejumlah PSN yang saat ini tengah diajukan permohonannya untuk mendapatkan perpanjangan waktu penyelesaian.

"Kita minta izin agar itu tetap bisa dikerjakan tetapi melampaui tengah tahun. Kan semangatnya kabinet sekarang menyelesaikan, jadi tidak membuat terbengkalai, oleh karena itu kita fokus," kata Mohammad saat ditemui di Kompleks DPR RI, dikutip Rabu (13/9/2023).

Sebagaimana diketahui sebelumnya, dalam surat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dijelaskan bahwa penyelesaian PSN memang rencanannya ditargetkan rampung pada Semester I/2023. Namun, Kementerian PUPR mengungkapkan bahwa terdapat 8 PSN yang diperkirakan masih memerlukan waktu tambahan.

Adapun, 8 proyek yang yang dimaksud terdiri dari 5 bendungan dan 3 jalan tol. Dengan rincian, kelima proyek bendungan itu adalah Bendungan Bener di Jawa Tengah, Bendungan Lau Simeme di Sumatra Utara, Bendungan Gudong-gudong dan Bulongo di Gorontalo, dan Bendungan Mbay di NTT.

Sementara itu, tiga proyek tol yang baru bisa rampung di semester II/2024 yaitu Jalan Tol Serang - Panimbang, Tol Patimban, dan Tol Semarang - Demak. 

"Prinsipnya kita ingin bahwa proyek nggak terbengkalai, tapi kita pastikan selesai di 2024," jelas Zainal.

Lebih lanjut Zainal menjelaskan, ke delapan proyek strategis yang molor tersebut dipastikan tidak akan dicabut statusnya dari PSN.

"Intinya kalau selesai ya selesai. Kalau nggak selesai dipastikan ada dananya. Jadi kalau itu selesainya lewat, tidak masalah kan duitnya sudah ada," pungkasnya.

Untuk diketahui sebelumnya, Kementerian PUPR sendiri diamanahkan untuk mengerjakan 125 PSN. Dengan rincian, 51 proyek ruas jalan tol dan jembatan, 56 bendungan dan irigasi, 13 proyek air minum dan sanitasi, 2 perumahan, 1 tanggul pantai, Indonesia International Islamic University, dan kawasan industri Batang. 

Selain itu, Kementerian PUPR juga mendapat tugas untuk mendukung 6 program PSN di perbatasan yaitu food estate, perbatasan, akses tol exit, pembangunan daerah, KSPN, dan zona ekonomi spesial. 

Dalam laporannya, hingga Juli 2023, Kementerian PUPR telah menyelesaikan 87 PSN di antaranya 30 bendungan, 2 irigasi, 27 jalan tol, 4 jalan non tol, 3 SPAM regional, 7 proyek perumahan, dan 7 pintu lintas batas negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper