Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Binjai-Langsa Segmen Stabat-Kuala Bingai Siap Dioperasikan Gratis

Hutama Karya akan mengoperasikan secara gratis Jalan Tol Binjai - Langsa segmen Stabat Kuala Bingai dalam waktu dekat.
Tol Binjai - Langsa Segmen Stabat - Kuala Bingai Segera Beroperasi Tanpa Tarif Dalam Waktu Dekat/Hutama Karya
Tol Binjai - Langsa Segmen Stabat - Kuala Bingai Segera Beroperasi Tanpa Tarif Dalam Waktu Dekat/Hutama Karya

Bisnis.com, JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) akan mengoperasikan secara gratis Jalan Tol Binjai - Langsa segmen Stabat Kuala Bingai sepanjang 7,55 kilometer (KM) dalam waktu dekat yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS). 

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan bahwa sebelumnya Hutama Karya telah mengantongi Sertifikat Laik Operasi (SLO) yang terbit pada 8 Agustus 2023 lalu disusul dengan dikeluarkannya Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1138/KPTS/M/2023 Tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Binjai – Langsa Seksi Stabat – Tanjung Pura Segmen Binjai – Stabat. 

Seiring dengan terbitnya Kepmen tersebut, manajemen HK mengungkapkan bahwa pihaknya siap mengoperasikan jalan tol ini dalam waktu dekat.

“Ruas tol ini sudah pernah diuji coba dengan dioperasikan secara fungsional selama Mudik Lebaran 2023 lalu yang dilalui lebih dari 24 Ribu kendaraan,“ tutur EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo dalam keterangan tertulisnya, dikutip Minggu (10/9/2023).

Di samping itu, Hutama Karya juga telah menyiapkan sejumlah fasilitas, di antaranya 100 personil siaga bersama dengan personil eksisting di seksi Binjai - Stabat yang terdiri dari petugas layanan operasi, derek, ambulans hingga patroli. 

Lebih lanjut Tjahjo menambahkan bahwa selama masa beroperasi tanpa tarif, Hutama Karya akan melakukan sosialisasi secara masif mengenai aturan berkendara di jalan tol.

“Kami berharap selama masa sosialisasi ini masyarakat atau pengguna jalan tol yang melintas sudah mengetahui tata tertib yang berlaku di jalan tol dan memahami bahwa aturan di jalan tol berbeda dengan jalan nasional, terutama terkait penggunaan kartu uang elektronik hingga peraturan putar balik kendaraan,” tambah Tjahjo.

Kendati belum bertarif, pengguna jalan tol tetap harus melakukan tapping kartu uang elektronik khususnya pengguna yang melintas dari arah Stabat menuju Kuala Bingai atau sebaliknya melalui Seksi Binjai - Stabat dimana Tol Binjai - Langsa seksi Binjai - Stabat tetap dikenakan tarif normal karena sudah beroperasi dengan tarif sejak lama.

Di samping itu, para pengendara juga diimbau untuk senantiasa mematuhi ketentuan yang telah di tetapkan, di antaranya memacu kendaraan dengan kecepatan maksimal 80 km per jam, menjaga jarak aman dengan kendaraan didepan minimal 10-20 meter,hingga memastikan kendaraan tidak melebihi muatan.

Untuk diketahui, Jalan Tol Binjai - Langsa memiliki total panjang 130,9 kilometer. Jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang memiliki dua seksi.

Di mana, Seksi 1 Binjai-Pangkalan Brandan sepanjang 64,70 kilometer. Sedangkan Seksi 2 mencakup ruas Pangkalan Brandan - Langsa sepanjang 66,20 kilometer. Adapun sebelumnya, HK sendiri telah terlebih dahulu mengoperasikan Jalan Tol Binjai - Langsa Seksi Binjai - Stabat sepanjang 11,8 KM pada 11 Februari 2022 lalu.

Jalan Tol Binjai - Langsa dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Karya (Persero) dengan nilai investasi senilai Rp23,35 triliun.  Nantinya, Jalan Tol ini akan memiliki 5 buah simpang susun, yakni Simpang Susun (SS) Langsa, SS Kuala Simpang, SS Pangkalan Brandan, SS Tanjung Pura, dan SS Stabat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alifian Asmaaysi
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper