Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelaku Usaha ASEAN- Kanada Perkuat Kerja Sama Ekonomi

Pengusaha ASEAN membidik sejumlah sektor yang bisa dikerjasamakan dengan para investor Kanada. 
Pengusaha ASEAN membidik sejumlah sektor untuk dapat ditingkatkan kerja samanya dengan Kanada, di antaranya transformasi digital, memfasilitasi perdagangan, dan investasi/Kadin
Pengusaha ASEAN membidik sejumlah sektor untuk dapat ditingkatkan kerja samanya dengan Kanada, di antaranya transformasi digital, memfasilitasi perdagangan, dan investasi/Kadin

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Ketua ASEAN-Business Advisory Council (ASEAN-BAC) Bernardino Vega mengungkapkan, para pelaku usaha negara-negara anggota ASEAN - Kanada terus melakukan terobosan untuk memperkuat kerja sama ekonomi, perdagangan, dan investasi.

Pengusaha ASEAN membidik sejumlah sektor untuk dapat ditingkatkan kerja samanya dengan Kanada, di antaranya transformasi digital, memfasilitasi perdagangan, dan investasi. 

“Di bidang transformasi digital, ASEAN-BAC siap memfasilitasi investor dari Kanada dan juga negara-negara di seluruh dunia agar terhubung dengan perusahaan startup, teknologi, dan infrastruktur digital di ASEAN,” kata Dino saat memimpin delegasi ASEAN-BAC  pada kunjungan di Kanada, dikutip pada Rabu (26/7/2023).

Dino bersama delegasi berada di Toronto dan Montreal, pada 18 - 20 Juli 2023 dalam rangka roadshow  kepemimpinan Indonesia pada ASEAN-BAC tahun 2023. Sebelumnya, ASEAN-BAC telah melakukan roadshow  ke Malaysia,  Filipina, Singapura, Myanmar, Inggris, Jepang, Korea Selatan, dan Australia.

Di Kanada, delegasi ASEAN-BAC bertemu pejabat pemerintah dan para pelaku usaha. Ia juga secara khusus mengajak pejabat pemerintah dan para pelaku usaha menghadiri ASEAN Business  Investment Summit (ABIS) 2023 dan Asean Business Awards (ABA) 2023 yang akan diselenggarakan di Jakarta, pada 3-4 September 2023.

ASEAN-BAC dalam kunjungannya di Kanada berusaha untuk memfasilitasi program pelatihan, dan inisiatif berbagi pengetahuan antar bisnis, lembaga penelitian, dan hub teknologi di negara-negara ASEAN maupun Kanada. Di Indonesia secara khusus, transformasi digital telah dilakukan oleh berbagai perusahaan ternama seperti PT Astra International Tbk., Indika Energy, Sinar Mas, Bakrie Group, East Ventures, dan Mayora Group.

“Kami siap mendidik tenaga kerja terampil di bidang teknologi digital serta mendorong inovasi lintas budaya. Diperlukan insight mengenai kerangka hukum, kepatuhan pada  aturan, dan tren industri yang berlaku di setiap negara. Pelaku bisnis di ASEAN harus memiliki kemampuan untuk menavigasi kompleksitas transformasi digital secara efektif,” jelas Dino.

Pada roadshow di Kanada, delegasi ASEAN-BAC juga berusaha untuk mendorong adanya ASEAN - Kanada Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) dan Indonesia - Canada CEPA (ICA-CEPA). "CEPA perlu untuk didorong agar aktivitas perdagangan antara ASEAN dan Kanada dan Kanada dengan Indonesia bisa terus terjalin baik dan semakin meningkat," ujar Dino.

Data dari Kementerian Perdagangan mengenai perdagangan antara Kanada dan Indonesia menunjukkan nilai perdagangan kedua negara mencapai 4,28 miliar dolar AS. Komoditas ekspor utama Kanada ke Indonesia adalah sereal dengan nilai 511,37 juta dolar AS dan untuk komoditas utama Indonesia ke Kanada adalah karet dengan nilai 195,34 juta dolar AS.

Diharapkan nantinya dengan adanya ratifikasi ICA-CEPA, kerja sama perdagangan dan investasi di bidang seperti ekonomi digital, barang yang bernilai tambah dari pertambangan, hingga sektor pendidikan dapat berjalan lebih banyak. 

Sementara itu, Ketua ASEAN-BAC Arsjad Rasjid mengatakan,  sebagai upaya menghadapi perlambatan ekonomi global yang kini terjadi, kawasan ASEAN terus memperkuat kerja sama  di bidang perekonomian seiring dirampungkannya putaran kelima perundingan ASEAN-Canada Free Trade Agreement (ACAFTA), pada 2 Juni 2023.  Pe

rundingan ini berhasil mencapai sejumlah kemajuan substantif pada pembahasan 19 isu perdagangan barang, jasa, dan investasi.“Saya optimistis perundingan ini akan rampung pada tahun ini,” ujar Arsjad.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper