Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penumpang KRL Padat Lagi Usai Libur Panjang

Setelah libur panjang pada pengujung Juni, penumpang kembali memadati KRL Jabodetabek pada pekan pertama Juli 2023.
Rangkaian kereta rel listrik (KRL) yang dikelola oleh anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) berada di dipo kereta, Depok, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Rangkaian kereta rel listrik (KRL) yang dikelola oleh anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) berada di dipo kereta, Depok, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Pengguna kereta commuter line atau KRL Jabodetabek dalam pekan pertama Juli 2023 menunjukkan tren peningkatan terutama pada hari kerja. 

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba Tercatat rata-rata volume pengguna PADA hari kerja sebanyak 877.000 orang. Data tersebut lebih tinggi 9 persen dibandingkan dengan rata-rata volume pada minggu sebelumnya yaitu sebanyak 806.812 pengguna per hari kerja. 

Volume pengguna commuter line Jabodetabek tertinggi pada pekan pertama Juli 2023 yaitu pada Senin, (3/7/2023) sebanyak 911.654 orang. Sementara itu, rata-rata volume pengguna di hari kerja lainnya sebanyak 868.337 orang perhari. Jika dibandingkan dengan rata-rata volume pengguna pada hari libur akhir pekan, volume pengguna pada hari Senin lebih besar 37 persen dari pada hari libur akhir pekan sebanyak 663.922 orang per harinya. 

Sesuai data tersebut, akhir pekan merupakan waktu yang tepat bagi pengguna KRL dalam merencanakan perjalanannya karena lebih leluasa dan terhindar dari potensi kepadatan.

“Untuk menghindari kepadatan di stasiun pada Senin esok yang diprediksi sebanyak 900.000 lebih penumpang, KAI Commuter mengimbau para pengguna untuk kembali ke Jakarta ataupun lokasi aktivitas kerjanya dengan memanfaatkan kondisi commuter line yang cenderung lebih lengang pada akhir pekan ini,” ujarnya melalui keterangan resmi, Minggu (9/7/2023). 

Bagi pengguna dari daerah-daerah di luar Jakarta yang akan melanjutkan perjalanannya menggunakan commuter line Jabodetabek di stasiun-stasiun transit. KAI Commuter memberi kemudahan dalam melanjutkan perjalannya, seperti terintegrasinya jadwal perjalanan commuter line Cikarang dari kedatangan perjalanan commuter line Jatiluhur, commuter line Walahar, serta kereta api jarak jauh.

 Sementara itu, untuk memudahkan pengguna yang akan melanjutkan perjalanan baik untuk commuter line Merak maupun commuter line Rangkasbitung, KAI Commuter juga telah mengintegrasikan jadwal-jadwal pemberangkatan ataupun kedatangan perjalanan commuter line di Stasiun Rangkasbitung. 

Bagi penumpang di wilayah Jabodetabek sendiri integrasi antar moda semakin dibutuhkan sebagai transportasi lanjutan. Stasiun Manggarai yang sudah terintegrasi dengan commuter line Basoetta, bus Transjakarta dan transportasi online. Terdapat juga Stasiun Sudirman  terintegrasi dengan MRT, Bus Transjakarta dan LRT yang sudah mulai dioperasikan, Stasiun Tanah Abang dengan bus Transjakarta, mikrotrans, angkutan perkotaan dan transportasi online, Stasiun Cawang dengan bus Transjakarta, LRT, transportasi online dan stasiun-stasiun KRL Jabodetabek lainnya.

Saat ini KAI Commuter mengoperasikan 1.133 perjalanan KRL Jabodetabek tiap harinya mulai pukul 04.00 hingga 24.00 WIB. Tercatat, pola penyebaran pengguna pada hari kerja juga masih terfokus pada jam-jam sibuk pagi yaitu pukul 05.30 hingga 07.30 WIB, dan sore mulai pukul 16.00 hingga 18.00 WIB.  

Sementara itu, bagi volume pengguna commuter line Basoetta juga mengalami tren kenaikan. Pada minggu pertama bulan Juli ini (1 Juli  hingga 7 Juli 2023), tercatat rata-rata pengguna sebanyak 6.276 orang per hari. Angka tersebut terjadi kenaikan sebesar 15 persen jika dibanding dengan rata-rata volume seminggu sebelumnya yang sebanyak 5.353 orang per harinya.

Dengan mengoperasikan sebanyak 56 perjalanan, commuter line Basoetta tiap harinya dari pukul 05.00 – 22.45 WIB, diharapkan pelayanan perjalanan commuter line Basoetta bisa sebagai alternatif pilihan masyarakat sekitar wilayah Tanggerang untuk menuju kawasan sekitar Sudirman atau sebaliknya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper