Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelajah Lebaran 2023: Armada Pelni KelarJalani Perawatan, Siap Angkut Penumpang

Pelni memastikan seluruh armada yang dimiliki telah melewati tahap docking, dan siap mengangkut penumpang pada masa mudik Lebaran 2023.
KM Kelud milik Pelni nampak dari atas ketika sandar di Lombok. / Dok. PT Pelni
KM Kelud milik Pelni nampak dari atas ketika sandar di Lombok. / Dok. PT Pelni

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelni (Persero) terus mempersiapkan diri untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpang selama momen Lebaran 2023. Pelni memastikan seluruh armada yang dimiliki telah melewati tahap docking, dan siap mengangkut penumpang. 

Docking adalah suatu proses memindahkan kapal dari air/laut ke atas dock sebagai upaya perawatan/perbaikkan kapal sehingga performa kapal dapat makin optimal. 

Direktur Utama PT Pelni Tri Andayani memperkirakan periode masa Lebaran 2023 terjadi sejak 7 April - 8 Mei 2023.  

Dalam waktu dekat, lanjutnya, Pelni akan melakukan penijauan bersama dengan seluruh kepala cabang dan nahkoda atas hal-hal yang terjadi selama 10 hari terakhir. Sementara itu dari sisi armada, Pelni telah melakukan docking sebelum tanggal 7 Apri atau lebih cepat dari jadwal regulerl untuk seluruh armada yang dimiliki.

“Sebelumnya kami juga sudah mempersiapkan seluruh armada, melakukan docking, walaupun secara reguler jatuh pada April dan Mei, kami majukan ke Februari. Intinya sebelum kami layani masyarakat mulai tanggal 7 April, kapal sudah docking semuanya 26 kapal,” kata wanita yang akrab disapa Anda disela-sela acara Pelepasan Jelajah Lebaran 2023, Senin (17/4/2023). 

Anda juga memperkirakan pada lebaran tahun ini terdapat 600.000 pemudik atau 25 persen lebih tinggi dibandingkan dengan tahun lalu.

Pembatasan pergerakan masyarakat yang lebih longgar, sambungnya, membuat jumlah pemudik akan lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu. Selain itu, animo masyarakat juga nampak lebih besar dibandingkan dengan Lebaran 2022. 

“Sehingga kepadatan di pelabuhan saat pemberangkatan, saat di atas kapal dan saat turun itu benar-benar harus kami koordinasikan dengan seluruh pemangku kepentingan di pelabuhan. Kami berkoordinasi terus, bahkan kami memiliki ruang operasi besama Kemenhub,” kata Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper