Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Soekarno-Hatta Masuk Daftar Bandara Megahub Dunia 2022

Bandara Soekarno-Hatta menempati peringkat ke-21 dalam daftar bandara megahub dunia pada 2022 menurut laporan dari OAG.
Ruang Tunggu Bandara Soekarno Hatta. /AP2
Ruang Tunggu Bandara Soekarno Hatta. /AP2

Bisnis.com, JAKARTA – Bandara Internasional Soekarno-Hatta menempati peringkat ke-21 untuk bandara yang paling terkoneksi di dunia atau global megahub pada 2022.

Berdasarkan laporan Megahubs 2022 yang dikeluarkan OAG Aviation, Senin (6/3/2023), Bandara Soekarno-Hatta menduduki posisi ke-21 dari 50 bandara paling terkoneksi di dunia. Catatan ini mengalami penurunan dari perolehan sebelumnya pada 2019 saat bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II (Persero) ini menempati peringkat ke- 16.

Maskapai miliki Rusdi Kirana, Lion Air, menjadi armada yang mendominasi penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta dengan porsi 30 persen dari total penerbangan.

Adapun, penilaian megahub 2022 yang dilakukan OAG dilakukan menggunakan indeks konektivitas yang mengukur efektivitas bandara-bandara internasional di dunia sebagai penghubung poin, baik secara global maupun regional, serta sebagai pintu gerbang ke dalam pasar domestik.

Peringkat Bandara Soekarno-Hatta pada Top 50 Global Megahub 2022 merupakan yang tertinggi kedua di wilayah Asia Tenggara. Bandara Ninoy Aquino di Filipina mengungguli Bandara Soekarno-Hatta yang berada di peringkat 20.

Adapun, posisi Bandara Soekarno-Hatta masih lebih baik dibandingkan Bandara Suvarnabhumi di Thailand pada posisi 34, dan Bandara Kuala Lumpur di Malaysia pada peringkat 39.

Selanjutnya, Bandara Soekarno-Hatta menduduki posisi ke-6 dari 25 megahub bandara untuk maskapai penerbangan bertarif rendah atau low cost carriers (LCC) paling terkoneksi di dunia. Catatan ini lebih baik dari perolehan sebelumnya pada 2019 di peringkat ke- 8.

Peringkat Bandara Soekarno-Hatta pada Top 25 LCC Megahub 2022 merupakan yang tertinggi di wilayah Asia Tenggara. Bandara Soekarno-Hatta mengungguli Bandara Ninoy Aquino di Filipina yang berada di peringkat 7, Bandara Tan Son Nhat di Vietnam pada posisi 17, dan Bandara Kuala Lumpur di Malaysia pada peringkat 20.

Adapun, untuk di kawasan Asia, Bandara Soekarno-Hatta berada di peringkat ketiga. India mengisi dua peringkat teratas untuk megahub low cost carriers, masing – masing oleh Bandara Indira Gandhi di Delhi dan Bandara Chhatrapati Shivaji Maharaj di Mumbai.

Selanjutnya, peringkat 3 hingga 5 untuk megahub maskapai penerbangan bertarif rendah diisi oleh bandara – bandara dari AS. Bandara Denver menempati peringkat ketiga, disusul oleh Bandara Las Vegas McCarran dan Bandara Orlando secara berurutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper