Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KCI Ambil Alih KA Bandara dari Railink, Transisi Rampung Maret 2023

PT KCI menargetkan proses pengalihan operasi KA Bandara dari PT Railink akan rampung pada akhir Maret 2023.
Kereta Api Bandara melintas di jalur perlintasan kereta di Tangerang, Banten, Senin (19/3/2019)./Bisnis-Jody Kinarwan
Kereta Api Bandara melintas di jalur perlintasan kereta di Tangerang, Banten, Senin (19/3/2019)./Bisnis-Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter menargetkan proses transisi operasi KA Bandara Soekarno-Hatta dari PT Railink akan rampung pada akhir Maret 2023.

Anne Purba, Vice President Corporate Secretary KAI Commuter memaparkan operasional KA Bandara Soekarno-Hatta saat ini masih berada dalam masa transisi. Anne melanjutkan, PT Railink dan KAI Commuter masih melakukan rekonsiliasi atas aset yang akan diserahterimakan.

Proses tersebut dilakukan secara bertahap dan diproyeksikan rampung pada akhir Maret 2023.

Anne mengatakan pengoperasian KA Bandara Soekarno-Hatta masih dijalankan dengan standar yang berlaku saat ini. Dia memastikan sistem pembelian dan pemesanan tiket, harga tiket, jumlah dan jam perjalanan masih sama.

"Pengguna tidak perlu khawatir untuk menggunakan kereta bandara sebagai pilihan transportasi menuju Soekarno-Hatta" jelasnya dikutip dari keterangan resmi, Sabtu (4/3/2023).

Dia menambahkan, KAI Commuter juga tengah menyusun dan melakukan sejumlah perubahan pada masa peralihan ini.

Perubahan yang direncanakan, tambahnya, mencakup inovasi pelayanan. Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan jumlah volume pengguna serta mempermudah konektivitas stasiun dengan antar terminal di Bandara.

Anne menjelaskan, KAI Commuter telah resmi menjadi operator dan mengelola operasional KA Bandara Soekarno-Hatta sejak akhir 2022.

Peralihan operasi ini terjadi setelah penandatanganan dokumen Akta Jual Beli dan Dokumen Peralihan operator pelayanan operasional kereta Bandara Sorkarno-Hatta antara KAI Commuter dengan PT Railink (KAI Bandara) pada tanggal 30 Desember 2022.

Dia memaparkan, peralihan operasi kereta bandara Soekarno-Hatta ke KAI Commuter dilakukan untuk mempermudah konektivitas dan integrasi antar moda khususnya perpindahan pengguna yang akan menggunakan kereta bandara.

"Dengan demikian pengguna dapat langsung mengakses stasiun-stasiun yang sudah terintergtasi antara kereta bandara dengan commuterline seperti Stasiun Manggarai, Stasiun BNI City, Stasiun Duri dan Stasiun Batu Ceper," katanya.

Adapun, jumlah perjalanan kereta bandara saat ini sebanyak 40 perjalanan dengan jam operasional dari pukul 05.07 WIB hingga 20.49 WIB.

Dia menjelaskan jumlah penumpang KA Bandara Soekarno-Hatta pada Januari 2023 mencapai 120.070 orang atau rata-rata 3.873 orang. Sementara itu, jumlah penumpang pada Februari 2023 berjumlah 114.116 orang atau rata-rata 4.076 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper