Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KA Bandara Kini Layani Penumpang di Stasiun Rawabuaya, Ini Tarifnya

KAI Commuter akan menguji coba KA Bandara Soekarno-Hatta melayani penumpang di Stasiun Rawabuaya.
Kereta Api Bandara melintas di jalur perlintasan kereta di Tangerang, Banten, Senin (19/3/2019)./Bisnis-Jody Kinarwan
Kereta Api Bandara melintas di jalur perlintasan kereta di Tangerang, Banten, Senin (19/3/2019)./Bisnis-Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter akan menguji coba penambahan layanan pemberhentian perjalanan Commuter Line Bandara Soekarno-Hatta untuk naik turun pengguna di Stasiun Rawabuaya mulai hari ini, Jumat (1/3/2024).

Sebelumnya, KA Bandara Soekarno-Hatta hanya melayani naik-turun penumpang di Stasiun Manggarai, Stasiun BNI City, Stasiun Duri, Stasiun Batuceper dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta saja.

“Dengan penambahan pemberhentian stasiun ini, diharapkan Commuter Line Bandara Soetta bisa menjadi alternatif pilihan transportasi lain bagi masyarakat di sekitar wilayah Tangerang untuk melakukan mobilisasi ke bandara ataupun ke wilayah-wilayah pusat perkantoran di sekitar Sudirman dan Manggarai atau pun sebaliknya,” jelas Anne Purba, Corporate Secretary KAI Commuter dalam keterangan resminya, Jumat (1/3/2024)

Selama masa uji coba ini KAI Commuter akan memberikan tarif promo. Pengguna bisa menggunakan layanan Commuter Line Bandara Soetta di Stasiun Rawabuaya untuk tujuan Stasiun BNI City atau Stasiun Manggarai dengan tarif sebesar Rp15.000, tujuan Stasiun Bandara Soetta dengan tarif Rp25.000.

Sementara itu, untuk tarif promo dari Stasiun Rawabuaya menuju Stasiun Duri atau sebaliknya sebesarRp10.000.

Anne melanjutkan, dengan melayani sebanyak 56 perjalanan per hari, Stasiun Rawabuaya diprediksi akan melayani sekitar 1.029 pengguna Commuter Line Bandara per harinya. Adapun, Stasiun Rawabuaya setiap harinya melayani sebanyak 124 perjalanan Commuter Line Tangerang dengan rata-rata volume pengguna sebanyak 7.000 pengguna pada hari kerja.

Selain penambahan stasiun pelayanan, KAI Commuter juga akan melakukan penyesuaian jadwal keberangkatan dan kedatangan perjalanan Commuter Line Bandara Soetta di Stasiun Bandara Soetta. Penyesuaian tersebut lebih cepat sekitar 3-4 menit dari awal pemberangkatan sebelumnya dari Stasiun Bandara Soetta dan sekitar lebih lama 4-5 menit untuk tiba di Stasiun Bandara Soetta.

Untuk pengaturan jalur pemberangkatan Commuter Line Bandara Soetta untuk menuju Stasiun BNI City atau Stasiun manggarai akan dilayani di jalur 2 stasiun. Selanjutnya, pemberangkatan Commuter Line Bandara Soetta tujuan Stasiun Bandara Soetta akan dilayani di jalur 3 stasiun.

KAI Commuter juga akan menambah fasilitas layanan berupa kursi di area tunggu peberangkatan Commuter Line Bandara Soetta serta pemutakhiran gate elektronik di Stasiun Rawabuaya sehingga dapat melayani transaksi KMT maupun tiket Commuter Line Bandara Soetta. 

“Selain itu, secara bertahap akan menambahkan fasilitas layanan lainnya seperti penambahan toilet, parkir sepeda, kipas angin dan penambahan fasilitas dispenser air minum gratis,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper