Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

INACA: Konektivitas Hub Domestik Pacu Pemulihan Penerbangan

INACA menyebut penataan konektivitas hub bandara diperlukan untuk menunjang pemulihan sektor penerbangan.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 08 Desember 2022  |  11:13 WIB
INACA: Konektivitas Hub Domestik Pacu Pemulihan Penerbangan
Ilustrasi Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia National Air Carrier Association atau INACA menilai untuk memulihkan penerbangan, penataan konektivitas hub bandara memang dibutuhkan.

Ketua Umum INACA Denon Prawiraatmadja Denon menilai untuk menciptakan pemulihan industri penerbangan, Indonesia membutuhkan konektivitas transportasi yang terintegrasi untuk mendukung kelancaran mobilitas dan distribusi logistik, serta mengurangi disparitas ekonomi antar wilayah.

"Untuk mencapai konektivitas dan akses lalu lintas udara yang prima, diperlukan penataan kembali Hub dan Sub Hub Domestik, termasuk Hub Internasional," ujarnya, Kamis (7/12/2022).

Sementara itu, pemerhati penerbangan dari Jaringan Penerbangan Indonesia atau Japri, Gerry Soejatman menilai dengan bandara berfokus kepada segmen pariwisata memang merupakan segmen yang jelas, tetapi bukan berarti semua bandara di Indonesia harus berfokus kepada segmen pariwisata dalam penataan bandara.

Untuk bandara non-hub, kata dia, segmentasi bisa lebih mudah dilakukan dengan melihat profil ekonomi daerah dan penumpang yang menggunakan bandara tersebut. Sementara untuk tujuan bandara biasanya adalah yang berkaitan dengan pariwisata, bisnis, atau dinas.

"Kalau untuk hub, lebih susah karena menyambungkan beraneka ragam segmen. Namun bandara hub, skalanya cukup untuk bisa fokus kepada lebih dari satu segmen," jelasnya.

Menurutnya, segmentasi bandara jangan sampai melupakan pelayanan segmen lainnya tetapi merupakan fokus kepada sebuah segmen tanpa mengabaikan segmen pengguna lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

inaca maskapai penerbangan penerbangan bandara
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top