Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Siap-siap Harga BBM Naik! Pemerintah Lagi Ngitung Angkanya

Kementerian Perekononomian sedang menghitung angka pasti terkait sinyal harga BBM naik yang beredar akhir-akhir ini.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 15 Agustus 2022  |  16:26 WIB
Siap-siap Harga BBM Naik! Pemerintah Lagi Ngitung Angkanya
Pertalite, produk bensin baru dari Pertamina - Antara/M. Agung Rajasa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian memberikan sinyal bahwa harga Bahan Bakar Minyak (BBM) akan naik. Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso menyampaikan pemerintah tengah membahas mengenai hal tersebut dan tengah melakukan perhitungan, jika harga BBM mengalami kenaikan.

"Memang subsidi BBM sudah cukup tinggi, Rp502 triliun sehingga pemerintah sedang menjajaki opsi-opsi kalau APBN cukup berat, apakah ada kenaikan [harga BBM] atau tidak," kata Susi kepada awak media di Gedung Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (15/8/2022).

Pemerintah sendiri sebelumnya telah menggelontorkan dana sebesar Rp502 triliun untuk subsidi energi. Saat dikonfirmasi apakah subsidi energi akan ditambah, Susi menyampaikan bahwa ruang APBN sudah cukup berat.

Oleh karena itu, pemerintah tengah mempertimbangkan opsi kenaikan harga BBM lantaran selisih harga jual dan keekonomian terlalu besar.

"Angkanya semua dihitung. Kita semua sedang siapkan angkanya, kita sudah rapat beberapa kali. Semua sedang dihitung. Kalau naik [harga BBM], nanti kontribusi ke inflasinya berapa karena [kenaikan harga BBM] akan dorong inflasi," ujarnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia sebelumnya memberikan sinyal akan ada kenaikan harga BBM lantaran kemampuan APBN yang terbatas.

Susiwijoyo menuturkan kemampuan APBN ada batasnya sehingga perlu dilakukan perhitungan. Dia juga meminta agar masyarakat dapat memahami rencana kenaikan tersebut.

Pun harga BBM naik, pemerintah akan berusaha agar tidak memberatkan masyarakat dengan memberikan bantuan-bantuan sosial (bansos). Hal tersebut dinilai lebih adil. Pasalnya, kata dia, harga BBM saat ini dinikmati oleh semua kalangan.

"Kalau pun naik kita akan buat jangan terlalu berat dan yang pasti kalau ada kenaikan kita siapkan bansos-bansos lagi. Dan ini lebih fair karena kalau harga sekarang, semua ini menikmati. Yang pakai mobil juga pakai. Ini bisa kita alirkan ke bansos," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Harga BBM kemenko perekonomian subsidi bbm
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top