Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GoToko Lanjutkan Ekspansi, Klaim Tumbuh 47 Kali Lipat

PT Gerai Cepat Untung (GoToko) memperluas ekspansinya ke banyak wilayah di Indonesia.
Chief Executive Officer & President Director of the Board Gurnoor Singh Dhillon (ANTARA/HO-GoToko)
Chief Executive Officer & President Director of the Board Gurnoor Singh Dhillon (ANTARA/HO-GoToko)

Bisnis.com, JAKARTA – PT Gerai Cepat Untung (GoToko), platform digital B2B besutan Gojek (GoTo) Group dan Unilever Group terus berekspansi ke lebih banyak wilayah di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali pada Agustus 2022.

Ekspansi tahap kedua diklaim telah memperluas jangkauannya terhadap warung kelontong dengan pertumbuhan lebih dari 47 kali lipat sejak pertama berdiri.

Chief Executive Officer & President Director of the Board Gurnoor Singh Dhillon menjelaskan ekspansi tahap kedua ini sejalan dengan strategi perusahaan untuk menjangkau lebih luas masyarakat Indonesia.

Sebab, distribusi di Indonesia memang membuat warung sering kali tidak dijadikan prioritas dibandingkan ritel-ritel modern terkait pasokan barang langsung dari brand principals. Hal ini ditunjukkan oleh hampir 80 persen dari 3 juta warung di Indonesia tergolong sebagai underserved retailers.

“Kami mendapatkan respons yang sangat luar biasa dari para pemilik warung terhadap ekspansi yang dilakukan. Hal ini membuat kami bersemangat menjadi platform pilihan yang menghubungkan para underserved retailers dengan brand principals untuk mendorong daya saing, sekaligus meningkatkan bisnis mereka,” jelas Gurnoor dalam keterangannya, Senin (15/8/2022).

Meski demikian, kata dia, situasi pandemi justru membuktikan bahwa keberadaan warung sangat krusial. Warung menjadi sarana perdagangan utama masyarakat saat mobilitasnya terbatas. Badan Pusat Statistik juga mencatat warung merupakan sarana perdagangan utama di Indonesia yang menjangkau 80 persen desa/kelurahan di Indonesia.

“Kini dua tahun berdiri komitmen kami masih sama, yaitu untuk membantu para pemilik warung mengembangkan bisnis, meningkatkan pendapatan, dan taraf hidup,” ujar Gurnoor.

Didukung kemitraan yang kuat dengan brand principal terkemuka, pemilik warung pada area ekspansi kini dapat mengakses beragam produk yang relevan dan komprehensif dengan harga yang kompetitif, ketersediaan stok dengan jaminan waktu pengiriman melalui platform GoToko.

Mendukung ekspansi, GoToko juga telah meningkatkan infrastruktur perusahaan di Pulau Jawa dan Bali dengan menambah lebih banyak gudang penyimpanan stok di lokasi-lokasi yang strategis; disertai dengan armada pengiriman yang andal untuk memastikan pengiriman barang berjalan dengan efisien.

Di samping itu, Gurnoor menilai saat ini merupakan momen yang tepat untuk mendorong digitalisasi warung, karena pandemi yang berangsur pulih ditambah penetrasi ekonomi digital yang sangat pesat saat Indonesia akan memasuki usia ke-77.

“Sebagai teman terbaik warung, GoToko percaya digitalisasi merupakan kunci untuk memperkuat bisnis, sekaligus pertumbuhan ekonomi nasional. Apalagi tahun ini Indonesia juga merupakan penyelenggara Presidensi G20 yang salah satu fokusnya akan membahas ekonomi digital,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper