Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Insentif Kartu Prakerja Gagal Cair? Lakukan Cara Berikut Ini

Ini hal yang perlu dilakukan jika insentif Kartu Prakerja gagal cair.
Tampilan situs resmi Kartu Prakerja www.prakerja.go.id
Tampilan situs resmi Kartu Prakerja www.prakerja.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Penerima program Kartu Prakerja Gelombang 39 telah diumumkan pada Jumat lalu (5/8/2022). Namun, ada beberapa hal yang sering dikeluhkan oleh penerima program Kartu Prakerja, yaitu insentif yang gagal cair.

Setelah penerima program diumumkan, PMO Kartu Prakerja biasanya  akan mengarahkan para penerima program untuk segera membeli pelatihan pertamanya.

Setelah itu, penerima program Kartu Prakerja nantinya akan mendapatkan bantuan sebesar Rp3,35 juta dengan rincian biaya pelatihan sebesar Rp1 juta, insentif sebesar Rp2,4 juta dan insentif survei sebesar Rp150.000.

Perlu diketahui bahwa sejak Kartu Prakerja gelombang 27, proses e-wallet menjadi syarat awal sebelum peserta melakukan pemanfaatan saldo pelatihan atau insentif. 

Hal ini dilakukan agar langkah-langkah kelengkapan dipastikan aman sejak awal sehingga meminimalisasi kesulitan dalam proses pencairan insentif nantinya, termasuk kasus-kasus insentif gagal dicairkan, yang sering dipermasalahkan oleh peserta Kartu Prakerja gelombang sebelumnya.

Oleh karena itu, simak langkah-langkah berikut agar pencairan insentif dapat berjalan lancar, melansir akun Instagram @prakerja.go.id, Minggu (7/8/2022).

Langkah-langkah Pencairan Insentif Kartru Prakerja 

  1. Login ke ke dashboard Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id
  2. Akan muncul laman untuk menautkan e-wallet terlebih dahulu dan masukkan nomor handphone yang terdaftar di e-wallet
  3. Pilih e-wallet yang ingin Anda tautkan
  4. Pastikan nomor handphone yang terdaftar di Kartu Prakerja sama dengan yang terdaftar di e-wallet. Pastikan pula akun e-wallet Anda sudah di-upgrade
  5. Pastikan NIK yang terdaftar di Kartu Prakerja harus sama dengan NIK yang terdaftar di e-wallet. Terakhir, pastikan akun e-wallet Anda aktif
  6. Setelah sukses menginput kode keamanan OTP, login ke akun e-wallet Anda. Perlu diingat, batas maksimum kesalahan adalah tiga kali
  7. Pastikan Anda mengisi data dengan teliti dan serius. Jika berhasil, maka Anda akan melihat tulisan "Akun e-wallet tersambung" pada laman dashboard.

Apabila dalam 5 hari kerja insentif tak kunjung cair, Anda bisa mengajukan pengaduan melalui layanan Contact Center Kartu Prakerja pada nomor hotline 0800-150-3001 atau email [email protected]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper