Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Update Harga Pangan Hari Ini, 7 Juli 2022: Harga Cabai Rawit Turun Tipis

Berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional harga cabai rawit terpantau mengalami penurunan tipis pada hari ini, Kamis (7/7/2022).
Pedagang cabai melayani pembeli di salah satu pasar di Jakarta, Rabu (6/7/2022). Bisnis/Eusebio Chysnamurti
Pedagang cabai melayani pembeli di salah satu pasar di Jakarta, Rabu (6/7/2022). Bisnis/Eusebio Chysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional melaporkan harga cabai rawit mengalami penurunan tipis pada hari ini, Kamis (7/7/2022).

Secara rata-rata nasional, harga cabai rawit hari ini sebesar Rp86.150 per kilogram, turun Rp1.350 per kilogram dibandingkan kemarin. 

Harga cabai rawit merah pada pukul 13.21 WIB berada di harga Rp95.950 per kilogram, turun Rp1.300 per kilogram jika dibandingkan hari kemarin. Sementara itu, cabai rawit hijau hari ini naik tipis dari Rp74.550 per kilogram menjadi Rp74.700 per kilogram.

Dalam Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok Kementerian Perdagangan (SP2KP), bila melihat harga cabai rawit merah per wilayahnya, Pulau Sulawesi menjadi daerah yang memiliki harga terendah per 6 Juli 2022, dengan kisaran Rp60.000 hingga Rp95.833 per kilogram. 

Sementara itu, harga cabai rawit merah tertinggi di Kepulauan Bangka Belitung yaitu mencapai Rp146.875 per kilogram.

Sulawesi Selatan diketahui mengalami surplus cabai sehingga harga di daerah tersebut harganya lebih rendah. Pemerintah melalui Badan Pangan Nasional juga telah melakukan mobilisasi cabai dari Sulawesi Selatan ke pasar di Jakarta, tetapi harga masih belum dapat kembali normal.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat kenaikan harga cabai karena berkurangnya pasokan sebagai akibat curah hujan tinggi, serangan hama penyakit Antraknosa/Patek (Tuban, Blitar dan Kediri). 

Selain itu, kenaikan harga cabai juga dipengaruhi faktor pengalihan fungsi lahan ke komoditas lain, perubahan pola/jadwal tanam, dan kenaikan harga Saprodi-pestisida di beberapa sentra produk.

Dalam periode 6 Juni-6 Juli 2022, SP2KP mencatat harga cabai rawit merah telah melonjak 29,03 persen dari Rp74.400 ke Rp96.000 per kilogram. Artinya dalam satu bulan terakhir harga cabai mengalami reli kenaikan sebesar Rp21.600 per kilogram. 

Meski masih terpantau tinggi, adanya panen raya di sejumlah daerah telah menekan harga cabai tersebut di beberapa pasar seperti Pasar Induk Kramat Jati (PIKJ), Jakarta Timur. Pedagang mengaku saat ini stok sedang banyak dan harga telah turun menyentuh Rp80.000 per kilogram. 

"Alhamdulillah produksi dan pasokan di sentra melimpah dan mulai hari ini harga cabai turun di kisaran 70-80 ribu," ujar Udin, salah satu pedagang di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, dikutip dari keterangan resmi Kementerian Pertanian, Kamis (7/7/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper