Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Soekarno-Hatta Bakal Dipenuhi 150.000 Orang, Ini Persiapan Arus Balik

AP II memprediksi Bandara Soekarno-Hatta bakal dipenuhi hingga 150.000 orang saat arus balik Lebaran.
Sejumlah penumpang pesawat berjalan setibanya di Terminal 2 Kedatangan Domestik Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (2/1/2022). /Antara Foto-Fauzan/wsj.rn
Sejumlah penumpang pesawat berjalan setibanya di Terminal 2 Kedatangan Domestik Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (2/1/2022). /Antara Foto-Fauzan/wsj.rn

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura II memprediksi periode puncak arus balik angkutan Lebaran dimulai hari ini, 7 Mei 2022 hingga 9 Mei 2022 dan terpusat di Bandara Soekarno-Hatta.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan pada puncak arus balik hari ini, pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta diperkirakan sekitar 140.000 - 150.000 orang.

Sedangkan puncak arus balik tertinggi diprediksi terjadi esok hari dengan perkiraan jumlah penumpang di atas 150.000 orang. Lalu pada 9 Mei 2022 berkisar 130.000 - 140.000 orang.

“Semua harus bisa diprediksi, kita harus bisa antisipasi dengan membuat analisis mitigasi risiko. Setiap personel harus memahani betul SOP, fasilitas dan infrastruktur utama harus dalam kondisi prima termasuk fasilitas stakeholder, dan tentunya AP II harus memperhatikan kecukupan dan kecakapan personel," ujar Awaluddin, Sabtu (7/5/2022).

Menurut dia, dalam menyambut kepulangan para pemudik di periode arus balik ini, seluruh petugas harus bersama-sama menjaga standar pelayanan dan operasional Bandara Soekarno-Hatta serta tentunya protokol kesehatan di tengah pandemi, sekaligus menjaga reputasi bandara sebagai bandara terbesar di Indonesia dan bandara tersibuk ke-17 di dunia.

Adapun pada arus balik, sambungnya, pergerakan penumpang yang datang lebih tinggi dibandingkan dengan penumpang yang berangkat. AP II memastikan titik layanan termasuk fasilitas di area kedatangan domestik dan internasional dapat mengakomodir tingginya volume penumpang pesawat yang datang.

"Guna memastikan kelancaran dan kecepatan proses kedatangan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, AP II memastikan kesiapan berbagai fasilitas," ucap Awaluddin.

Adapun Director of Operation AP II Muhamad Wasid menambahkan, persiapan yang dimaksud antara lain meliputi area parkir pesawat dengan menyiapkan sebanyak 188 parking stand terdiri dari 40 parking stand pesawat berbadan lebar (widebody) dan 148 parking stand pesawat berbadan sedang (narrow body).

Dari 188 parking stand, lanjutnya, sebanyak 121 parking stand terhubung langsung dengan terminal (contact stand) dan 67 parking stand di area remote.

“Pengaturan lokasi parkir pesawat dilakukan dengan baik dan berkoordinasi dengan maskapai guna memastikan kelancaran proses kedatangan penumpang," jelasnya.

Selanjutnya, terkait dengan bagasi penumpang. Bandara Soekarno-Hatta menyiapkan 32 unit conveyor belt di area pengambilan bagasi (baggage claim area) di terminal untuk mengantarkan bagasi milik penumpang. Conveyor belt terletak di Terminal 1A (5 unit), Terminal 2 (14 unit) dan Terminal 3 (13 unit).

Kemudian menyangkut imigrasi. Terdapat 42 konter imigrasi di Bandara Soekarno-Hatta, terdiri dari 15 konter di keberangkatan internasional T3, 19 konter di kedatangan internasional T3, dan 8 konter di kedatangan internasional T2.

Mengenai persiapan transportasi darat, dia menyebut

AP II berkoordinasi dengan operator transportasi darat memastikan kesiapan kendaraan. Jumlah kendaraan yang disiapkan total 6.300 unit terdiri dari taksi reguler (3.000 unit), taksi eksekutif (300 unit), angkutan sewa (2.436 unit), bus (469 unit) dan shuttle bus (95 unit).

Kemudian terdapat juga Skytrain berbasis rel yang menghubungkan Terminal 1, Terminal 2, Terminal 3 dan Stasiun Kereta Bandara. Adapun kereta bandara juga salah satu moda untuk menuju Jakarta.

"Selanjutnya untuk petugas bandara, bandara AP II juga menyiapkan sebanyak 5.500 personel yang bersiaga memastikan kelancaran arus balik di seluruh bandara AP II , terdiri dari Passenger Service, Digital Service, Trolley Boy, Terminal Inspection Service, Facility Care, Golfcar Assistance, Land Transportation Assistance, Airport Rescue & Fire Fighting, Apron Movement Control, Aviation Security, BKO TNI & Polri, Airport Operation Control dan Medical Service," imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper