Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Musim Mudik 2022, Lalu Lintas Tol Bakter Trans Sumatra Diprediksi Naik 26 Persen

Hutama Karya memprediksi sebanyak 38.227 kendaraan akan melintas tol Bakauheni-Terbanggi atau Bakter, sedangkan pada tmasa mudik 2021 volume lalu lintas atau VLL hanya 30.339 kendaraan.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 15 April 2022  |  15:34 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan ketika. meresmikan jalan tol Trans Sumatra ruas Bakauheni-Terbanggi Besar di Gerbang Tol Natar, Lampung Selatan, Lampung, Jumat (8/3/2019). - ANTARA/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan ketika. meresmikan jalan tol Trans Sumatra ruas Bakauheni-Terbanggi Besar di Gerbang Tol Natar, Lampung Selatan, Lampung, Jumat (8/3/2019). - ANTARA/Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA - PT Hutama Karya memproyeksikan pada periode mudik Lebaran tahun ini jumlah volume lalu lintas bakal jauh meningkat jika dibandingkan dengan periode mudik Lebaran tahun lalu.

EVP Divisi Operasi & Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji pihaknya memprediksi ruas tol yang akan mengalami lonjakan yakni Ruas Bakauheni - Terbanggi Besar sebagai pintu awal masuk Jalan Tol Trans Sumatra. Pihaknya memproyeksikan akan terjadi lonjakan sebesar 126 persen pada periode Lebaran tahun ini.

"Pada tahun ini Hutama Karya memprediksi sebanyak 38.227 kendaraan yang melintas, sedangkan pada tahun 2021 VLL pada saat mudik yakni hanya 30.339 kendaraan," katanya kepada Bisnis, Kamis (14/3/2022).

Kendati demikian, Hutama Karya juga mengantisipasi untuk lonjakan volume lalu lintas di ruas-ruas lainnya di Jalan Tol Trans Sumatra.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan pihaknya memprediksi lonjakan arus kendaraan di JTTS secara keseluruhan menembus lebih dari 3,8 juta kendaraan.

"Kami perkirakan lonjakan akan terjadi di H-7 Hari Raya Idulfitri dimana trafiknya akan naik hingga 14,56 persen. Memang tidak terlalu signifikan tetapi jika dibandingkan dengan mudik Lebaran 2021 akan meningkat kurang lebih 600.000 kendaraan," ungkapnya.

Koentjoro mengatakan perseroan telah membuat antisipasi untuk menghadapi lonjakan arus lalu lintas dengan strategi rekayasa lalu lintas dengan melakukan pengalihan arus.

Dia mengatakan pihaknya juga akan mengalihkan penggunaan gerbang tol apabila terjadi antrian panjang pada GT Bakauheni Selatan.

"Kami menyiapkan rubbercone untuk membebaskan bahu jalan saat terjadi antrian, dan menggunakan skema contraflow yang berkoordinasi dengan pihak kepolisian,” jelasnya.

Lebih lanjut, Koentjoro menuturkan bahwa HK juga telah memulai persiapan jalan tol untuk menghadapi arus mudik pada tahun ini. Adapun, persiapan yang dilakukan meliputi peningkatan kapasitas gerbang tol, penambahan alat mobile reader untuk mempercepat transaksi di gerbang tol, bekerja sama dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) untuk menyediakan kantong-kantong parkir agar tidak terjadi antrian di penyebrangan pelabuhan menuju gerbang tol Bakauheni Selatan.

Perbaikan dan kesiapan JTTS juga dilakukan di Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar, Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung, dan Ruas Palembang – Indralaya.

"Kami akan selesaikan berbagai perbaikan pada jalan tol yang dikelola sebelum momen mudik dimulai. Kami juga telah melakukan berbagai persiapan dan peningkatan pelayanan untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan di di Gerbang Tol,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hutama karya tol trans sumatra
Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top