Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gratis! Kemenhub Angkut 5.000 Motor Pemudik Pakai Kereta Api

Kemenhub akan angkut 5.000 motor pemudik pakai kereta api secara gratis.
Kereta barang milik PT Kereta Api Indonesia./Antara
Kereta barang milik PT Kereta Api Indonesia./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengangkut 5.000 sepeda motor pemudik menggunakan kereta api secara gratis pada periode mudik Lebaran 2022.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri mengatakan sedang mempersiapkan pengangkutan sepeda motor pemudik secara gratis tersebut karena banyak masyarakat yang berencana untuk melakukan perjalanan mudik dengan sepeda motor.

Survei Kemenhub mencatat bahwa 85,5 juta orang berencana untuk melakukan mudik tahun ini. Sebanyak 16,9 juta di antaranya memilih untuk menggunakan sepeda motor.

"Ada arahan dari Pak Menko [PMK Muhadjir Effendy] dalam rangka membantu Dirjen Perhubungan Darat untuk mengatasi pemudik dengan sepeda motor, kita sekarang sedang menyiapkan kembali angkutan untuk motor mudik gratis dengan kereta api," jelas Zulfikri pada media briefing, Jumat (8/4/2022).

Namun, dia belum memberikan informasi soal jumlah kereta api yang disediakan untuk angkutan tersebut. Adapun, kapasitas angkut yang disediakan untuk tahun ini yaitu sebanyak 5.000 unit sepeda motor.

Dia mengatakan perencanaan yang cukup mendadak dan keterbatasan waktu membuat kapasitas pengangkutan sepeda motor turun dari level prapandemi, yang biasanya mencapai sekitar 19.000 unit. Dia mengatakan akan segera mengumumkan formulasinya dalam waktu dekat.

Selain itu, lintas pengangkutan sepeda motor gratis dengan kereta api yang akan dilayani yakni akan fokus ke arah Jawa Tengah. Biasanya, angkutan untuk sepeda motor melayani tujuan dari Jakarta ke Purwokerto sampai dengan Yogyakarta-Solo, bahkan sampai ke Blitar, Jawa Timur.

"Kemungkinan akan kami potong, tujuan terbanyak itu kan ke Jawa Tengah, jadi kita mungkin tidak akan sampai ke Jawa Timur. Kalaupun ada mungkin hanya satu [perjalanan kereta api] saja yang ke Jawa Timur, tidak semua," jelasnya.

Seperti biasa, nantinya tarif angkutan untuk sepeda motor akan diberlakukan gratis atau tanpa biaya. Namun, tarif penumpang pemilik sepeda motor tetap berbayar sesuai dengan yang disediakan.

"Ini cukup diminati. Setiap tahun sebelumnya pada saat normal [prapandemi] cukup banyak masyarakat yang mengalihkan motornya menggunakan kereta api gratis," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper