Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenkeu Tegaskan Omicron Jadi Sumber Ketidakpastian Baru Bagi Pemulihan Ekonomi di 2022

Varian Omicron menjadi sumber ketidakpastian baru yang membayangi upaya pemulihan ekonomi di 2022.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 12 Januari 2022  |  15:37 WIB
Kemenkeu Tegaskan Omicron Jadi Sumber Ketidakpastian Baru Bagi Pemulihan Ekonomi di 2022
Ilustrasi Omicron. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyebaran varian Omicron di Indonesia turut diawasi perkembangannya oleh pemerintah. Terutama, terkait dengan kemampuan fiskal dalam menghadapi tantangan tersebut.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (BKF Kemenkeu) Febrio Kacaribu menilai varian Omicron menjadi sumber ketidakpastian baru yang membayangi upaya pemulihan ekonomi di 2022. Apalagi, jika melihat dampak varian anyar tersebut terhadap perkembangan pandemi Covid-19 di berbagai negara lain.

"Apakah [di 2022] sudah lewat challenge? Tidak. Omicron ini agak sedikit berbeda. Tapi ini tetap saja challenge karena menimbulkan ketidakpastian. Banyak negara kasusnya ada yang sampai satu juta. Kita masih bertahan di bawah 1.000. Tapi, ini ada eskalasi," jelas Febrio pada taklimat media secara daring, Rabu (12/1/2022).

Adapun, Kementerian Kesehatan kembali mencatat penambahan kasus konfirmasi Covid-19 varian Omicron di Indonesia. Hingga Senin (10/1/2022), terjadi penambahan 92 kasus konfirmasi sehingga total mencapai 506 kasus akibat varian tersebut.

Febrio menilai salah satu upaya yang bisa didorong untuk meminimalisasi dampak varian tersebut adalah dengan percepatan vaksinasi Covid-19. Febrio mencatat hingga saat ini Indonesia masih menduduki peringkat kelima terbesar dunia dalam hal vaksinasi. Vaksinasi dosis kedua sudah mencapai 43,4 persen, dan dosis pertama sudah mencapai 63,3 persen.

Pemerintah juga mendorong upaya vaksinasi dengan memulai vaksinasi dosis ketiga atau booster, yang dimulai pada hari ini. Sebelum itu, Presiden Joko Widodo menegaskan vaksinasi dosis ketiga akan diberikan secara gratis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bkf pemulihan ekonomi omicron
Editor : Hadijah Alaydrus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top