Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenhub Luncurkan Trayek Baru Kapal Perintis di IKN

Kapal perintis yang melayani trayek R-12 ini adalah Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara 111.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 24 Oktober 2021  |  17:46 WIB
Kemenhub Luncurkan Trayek Baru Kapal Perintis di IKN
Sejumlah penumpang menunggu keberangkatan Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 35 di Pelabuhan Jetty Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Sabtu (14/10). Kapal itu termasuk dalam program Tol Laut. - Antara/Syifa Yulinnas
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan telah meluncurkan Kapal perintis baru rute trayek Perintis R-12 dari dan menuju Kotabaru dari dan menuju Kalimantan Selatan melintasi wilayah Ibu kota negara di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub Mugen Sartoto menjelaskan kapal perintis yang melayani trayek R-12 ini adalah Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara 111.

Trayek R-12 ini merupakan rute yang diusulkan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatanuntuk memfasilitasi pergerakan masyarakat dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kawasan Ibu Kota Negara.

Sebelumnya, lalu lintas logistik dan penumpang dilayani oleh KM Prima Nusantara 01, kapal pengganti ketika KM Sabuk Nusantara 111 dalam masa pembangunan.

“Pembangunan sarana transportasi laut tetap dilanjutkan guna memperlancar arus penumpang, barang dan jasa serta informasi seluruh ke penjuru tanah air sehingga akan memperlancar roda perekonomian dan membantu distribusi logistik nasional,” ujarnya melalui siaran pers, Minggu (24/10/2021).

Dia pun menyampaikan Kapal Perintis KM. Sabuk Nusantara 111 Pelabuhan Pangkalan Kotabaru ini merupakan kapal milik Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang dalam pengoperasiannya diamanahkan kepada Kantor KSOP Kelas III Kotabaru Batulicin.

“KM Sabuk Nusantara 111 tersebut berkapasitas lebih dari 400 penumpang dan melayani rute Kotabaru – Tanjung Samalantakan – Tanah Grogot – Balikpapan – Tanah Grogot – Tanjung Samalantakan – Kotabaru – Mamuju – Kotabaru,” terangnya.

Dengan beroperasinya Kapal Perintis KM. Sabuk Nusantara 111, Kemenhub meyakini hal tersebut akan sangat mendukung keberlangsungan konektivitas dan mobilitas orang dan barang wilayah –wilayah terpencil di Kotabaru.

Saat ini Kemenhub juga tengah mempersiapkan satu kapal baru lagi yang akan mendukung pengoperasian angkutan laut perintis, yaitu KM Sabuk Nusantara 76 menuju pangkalan Apal di Gorontalo.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas lll Kotabaru-Batulicin, Agus Sularto menyebutkan kapal perintis KM Sabuk Nusantara 111 mematok harga tiket yang sangat ekonomis.

“Untuk Setiap tripnya hanya bertarif Rp5.000 bagi penumpang ekonomi, dan untuk penumpang Kelas 1 dengan harga Rp19.500, nilai ini sangat ekonomis,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub kapal perintis ibu kota negara
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top