Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inflasi Februari 2021 Diprediksi Sebesar 0,12 Persen, Harga Pangan Pemicunya

Inflasi Februari akan dipicu oleh harga barang-barang seperti cabai, daging sapi, dan bawang merah yang mengalami kenaikan, sedangkan harga telur ayam, bawang putih, dan daging ayam mengalami penurunan.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 28 Februari 2021  |  13:58 WIB
Pedagang menata barang dagangannya di Pasar Senen, Jakarta, Senin (4/5/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Pedagang menata barang dagangannya di Pasar Senen, Jakarta, Senin (4/5/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Indeks Harga Konsumen pada Februari 2021 diperkirakan akan mengalami inflasi yang didorong oleh kenaikan beberapa harga komoditas pangan.

Kepala Ekonom Bank Danamon Wisnu Wardhana memproyeksi inflasi pada Februari 2021 akan mencapai 0,12 persen secara bulanan (month-to-month/mtm). Sementara secara tahunan, inflasi diperkirakan sebesar 1,39 persen (year-on-year/yoy).

“Harga barang-barang seperti cabai, daging sapi, dan bawang merah menunjukkan kenaikan sedangkan harga telur ayam, bawang putih, dan daging ayam mengalami penurunan,” katanya kepada Bisnis, Minggu (28/2/2021).

Wisnu mengatakan inflasi pada harga bergejolak (volatile food) diperkirakan akan bergerak secara moderat pada periode tersebut, pada kisaran 1,93 persen yoy.

Di sisi lain, harga yang diatur pemerintah (administered price) akan didorong oleh tarif transportasi yang kembali bergerak normal setelah periode liburan akhir tahun 2020.

Sementara itu, inflasi inti diperkirakan akan melambat pada kisaran 1,52 persen yoy. Hal ini didorong oleh penurunan harga emas yang terjadi belakangan ini, juga disebabkan oleh permintaan masyarakat yang masih rendah.

Adapun, Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi pada Februari 2021 akan tercatat sebesar 0,08 persen mtm. Secara tahunan, inflasi diperkirakan sebesar 1,35 persen yoy dan secara tahun kalender sebesar 0,34 persen.

“Penyumbang utama inflasi Februari 2021 sampai dengan minggu keempat yaitu komoditas cabai rawit, cabai merah dan kangkung masing-masing sebesar 0,02 persen mtm,” kata Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin haryono.

Di samping itu, beberapa komoditas lainnya, seperti bawang merah, bayam, daging sapi, besi beton dan rokok kretek filter juga diperkirakan akan mengalami inflasi masing-masing sebesar 0,01 persen mtm.

Sebaliknya, beberapa komoditas yang mengalami deflasi, yakni emas perhiasan sebesar -0,03 persen mtm, daging ayam ras dan telur ayam ras masing-masing sebesar -0,02 persen mtm, tomat, air kemasan dan angkutan antarkota masing-masing sebesar -0,01 persen mtm.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Inflasi harga cabai bahan pangan
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top