Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tujuh KA Dibatalkan, KAI: Perbaikan Rel Selesai Siang Ini!

KAI berharap perbaikan rel kereta yang rusak, antara Stasiun Kedunggedeh–Lemah Abang, akibat tergenang banjir bisa selesai pada siang ini.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 23 Februari 2021  |  13:14 WIB
Suasana sepi terlihat di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (24/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Suasana sepi terlihat di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (24/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Perbaikan jalur rel kereta api antara Stasiun Kedunggedeh–Lemah Abang Km 55 +100 sampai Km 53+600 yang rusak akibat tergenang banjir masih terus dilakukan. Akibatnya, beberapa perjalanan KA dari Jakarta terpaksa dibatalkan kembali khususnya untuk tujuh keberangkatan pada pagi hari ini.

VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) Joni Martinus menargetkan perbaikan jalur akan selesai siang ini sehingga perjalanan dapat kembali normal.

"Target kita siang ini jalur sudah selesai diperbaiki dan bisa dilewati KA," ujarnya kepada Bisnis.com, Selasa (23/2/2021).

Seperti diberitakan sebelumnya, dampak banjir yang menggenangi jalur rel kereta api antara Stasiun Kedunggedeh–Lemah Abang Km 55 +100 sampai Km 53+600 mengakibatkan kerusakan di bagian bawah pondasi jalur rel KA karena lapisan batu balas tergerus arus air yang mengakibatkan sejumlah titik terdapat bagian rel yang menggantung.

Sampai dengan saat ini tim prasarana Daop 1 Jakarta berupaya semaksimal mungkin melakukan proses perbaikan untuk menormalkan kembali jalur tersebut dengan memperbaiki kembali geometri jalan kereta api melalui pengisian lapisan batu balas di bawah bantalan jalur rel dan pemadatan lapisan batu balas dengan menggunakan alat berat disepanjang lokasi yang terdampak banjir.

Selain pembatalan perjalanan KA jarak jauh dengan jadwal keberangkatan pagi hari, 4 perjalanan KA Lokal relasi Cikarang–Purwakarta (PP) yang operasionalnya melintasi jalur tersebut juga dibatalkan.

Meski begitu, KAI menegaskan bagi pelanggan KA yang telah memiliki tiket keberangkatan pagi hari 23 Februari 2021 dari Gambir maupun Pasar Senen dapat melakukan pembatalan tiket di loket pembatalan stasiun. Calon penumpang juga diberikan waktu sampai dengan 30 hari ke depan untuk pembatalan tiket KA yang terdampak pembatalan akibat banjir, dengan pengembalian 100 persen.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top