Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Masuk Tol Tidak Perlu Tap Kartu Uang Elektronik Lagi? Ini Penjelasannya

Nantinya, saat melintasi gerbang tol, saldo pengguna otomatis akan berkurang tanpa harus menempelkan kartu uang elektronik seperti saat ini.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 05 November 2020  |  22:10 WIB
Ilustrasi-Kendaraan melintas di pintu Tol Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat, Sabtu (23/5/2020). - Antara/Nova Wahyudi
Ilustrasi-Kendaraan melintas di pintu Tol Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat, Sabtu (23/5/2020). - Antara/Nova Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk telah menerapkan sejumlah teknologi dan menyiapkan transformasi digital dalam pelayanan jalan tol kepada para penggunanya.

Ke depan masuk jalan tol sudah tidak perlu tapping atau menempelkan kartu uang elektronik.

Direktur Keuangan Jasa Marga Donny Arsal menjelaskan teknologi yang sudah berjalan misalnya sejak 2017 seluruh ruas tol Jasa Marga menerapkan pembayaran secara elektronik.

"Sejak 2017 kami sudah mengimplementasikan 100 persen transaksi di tol Jasa Marga secara elektronik, dengan langkah ini kami berhasil melakukan efisiensi mulai dari berkurangnya biaya operasional dan bisa melakukan distribusi karyawan petugas gerbang ke bagian lainnya," ujarnya dalam webinar CFO Roundtable Virtual Meeting Finance Insight yang digelar Bisnis Indonesia, Kamis (5/11/2020).

Kemudian di segi transformasi digital, perseroan tengah mengembangkan layanan tanpa tapping dengan menerapkan single lane free flow (SLFF) melalui Let it Flo App.

Let it Flo App adalah aplikasi pembayaran tol yang terintegrasi dengan uang elektronik berbasis server. Dalam hal ini Jasa Marga menggandeng platform pembayaran digital milik anak usaha BUMN, Link Aja.

Lewat aplikasi digital Flo nantinya pelanggan akan diberikan stiker RFID untuk dipasang di lampu utama kendaraan. Sehingga saat melintasi gerbang tol, saldo pengguna otomatis akan berkurang tanpa harus menempelkan kartu uang elektronik seperti saat ini.

"Program SLFF ini masih dalam tahap pengembangan, uji coba internal sedang dilakukan. Nantinya akan dapat digunakan di gerbang tol Jasa Marga," ujarnya.

Selain SLFF, perseroan juga bakal mengembangkan layanan ini menjadi Multi Lane Free Flow atau MLFF.

Terakhir, Jasa Marga juga tengah mengembangkan sistem Automatic Vehicle Classification atau sistem klasifikasi kendaraan otomatis.

Sistem ini akan melakukan identifikasi kendaraan pengguna tol yang telah melewati gerbang tol dan dipantau lewat smart CCTV.

Nantinya program tersebut akan merekam karakter kendaraan mulai dari jumlah roda, jumlah sumbu, dan berat kendaraan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jasa marga gerbang tol uang elektronik
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top