Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LinkAja Digandeng Jasa Marga di Transaksi Tol Tanpa Tapping Kartu

PT Jasa Marga (Persero) Tbk kembali menggelar simulasi transaksi nir sentuh berbasis Radio-Frequency Identification (RFID) atau dikenal dengan Single Lane Free Flow (SLFF) untuk meningkatkan layanan dan kenyamanan para pengguna jalan tol.
Transaksi tol non tunai bakal lebih berkembang menjadi tanpa tapping kartu /Istimewa
Transaksi tol non tunai bakal lebih berkembang menjadi tanpa tapping kartu /Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA-PT Jasa Marga (Persero) Tbk kembali menggelar simulasi transaksi nir sentuh berbasis Radio-Frequency Identification (RFID) atau dikenal dengan Single Lane Free Flow (SLFF) untuk meningkatkan layanan dan kenyamanan para pengguna jalan tol.

Kegiatan yang diikuti oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno didamping Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Desi Arryani ini berlangsung di Gerbang Tol (GT) Cengkareng dan GT Kapuk pada ruas Tol Soedyatmo, Jumat (22/03/2019).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno mengatakan bahwa sistem ini harus diuji coba terlebih dahulu untuk mengetahui kekurangan dan kelebihannya agar bisa diperbaiki.

“Kita uji coba dulu, agar masyarakat nantinya nyaman memakai sistem ini. Untuk awal, internal BUMN dulu, kita uji coba dengan Damri dengan mobil Garuda. Saya menyambut baik inovasi dan upaya-upaya yang dilakukan oleh Jasa Marga sebagai operator jalan tol dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat atau pengguna jasanya. Harapannya tahun ini bisa dikomersilkan” ungkapnya melalui siaran resmi yang diterima Bisnis, Jumat (22/3/2019).

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk.  Desi Arriyani mengatakan, teknologi sistem transaksi tol tanpa henti  ini diinisiasi oleh anak usaha Jasa Marga yaitu PT Jasa Marga Tollroad Operator (JMTO) bersama tim konsorsium. Sistem ini merupakan pengembangan dari teknologi Electronic Toll Collection (ETC) menuju sistem Multi Lane Free Flow (MLFF).

"Sistem transaksi serupa sudah banyak diterapkan di berbagai negara guna menjamin kelancaran transaksi dan mengendalikan antrean di gerbang tol. Dengan sistem ini, pengendara tidak perlu lagi menghentikan laju mobilnya di gerbang tol untuk melakukan tapping transaksi, sehingga akan lebih efisien dan diharapkan dapat mencegah penumpukan antrean transaksi di gerbang tol," ujarnya.

Sebelum uji coba di Jalan Tol Sedyatmo ini, Jasa Marga telah melakukan uji coba serupa di Jalan Tol Bali Mandara secara terbatas pada tahun 2018 lalu dengan menggandeng perusahaan taksi Blue Bird.

Uji coba SLFF di Jalan Tol Sedyatmo menunjukkan bahwa Jasa Marga konsisten untuk terus melakukan pengembangan pada berbagai aspek, baik dari segi fasilitas maupun layanan kepada pengguna jalan tol.

Desi juga menambahkan bahwa untuk mendukung sistem transaksi ini, Jasa Marga juga bekerja sama dengan "LinkAja" sebagai aplikasi penyedia saldo sehingga masyarakat pengguna bisa melakukan isi ulang melalui "LinkAja".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper