Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sri Mulyani Melihat Hilal Pemulihan Ekonomi Mulai Tampak

Tak bisa dipungkiri meski ketidakpastian akibat pandemi Covid-19 masih tinggi, namun dari data-data yang ada sepanjang kuartal III/2020 indikasi puluhnya aktivitas ekonomi mulai menguat.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 27 Oktober 2020  |  16:15 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat mengikuti rapat kerja antara Komisi XI DPR RI dengan pemerintah di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (2/12/2019). Bisnis - Arief Hermawan P
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat mengikuti rapat kerja antara Komisi XI DPR RI dengan pemerintah di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (2/12/2019). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Indikator stabilitas sistem keuangan tetap berada masih menunjukkan pergerakan positif seiring dengan berangsur membaiknya proses pemulihan ekonomi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan tak bisa dipungkiri meski ketidakpastian akibat pandemi Covid-19 masih tinggi, namun dari data-data yang ada sepanjang kuartal III/2020 indikasi puluhnya aktivitas ekonomi mulai menguat.

"Menghadapi ketidakpastian akibat Covid-19 tersebut komite stabilitas sistem keuangan atau KSSK akan terus memperkuat sinerginya di dalam mempercepat pemulihan ekonomi dan sekaligus menjaga stabilitas sistem keuangan komitmen ini," kata Sri Mulyani, Selasa (26/10/2020).

Sri Mulyani menambahkan pemulihan kinerja ekonomi tentu menjadi kabar baik karena mampu bangkit setelah terhempas di angka minus 5,32 persen pada kuartal II/2020 lalu. Pemulihan ekonomi ini juga sejalan dengan ramalan dari IMF yang belum lama ini mengeluarkan outlook ekonomi terbaru terkait perumbuhan ekonomi global di angka 4,4 persen atau lebih baik dari proyeksi sebelumnya.

Adapun perbaikan kinerja ekonomi ini didorong oleh percepatan realisasi dari stimulus fiskal atau APBN dan perbaikan dari sisi ekspor serta belanja pemerintah yang meningkat selama kuartal ketiga. Terutama untuk bantuan sosial dan dukungan kepada usaha terutama usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Hal ini dilakukan di dalam keseluruhan pelaksanaan program pemulihan proses pemulihan ekonomi yang berangsur membaik indikator stabilitas sistem keuangan tetap berada pada kondisi normal," jelasnya

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sri mulyani kssk pemulihan ekonomi
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top