Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Belanja Pemerintah Jadi Bantalan Ekonomi Selama Kuartal III/2020

Proses akselerasi belanja yang mulai membaik, pemerintah cukup optimis prospek pemulihan ekonomi akan berlanjut pada kuartal IV/2020. Sampai kuartal IV/2020, pertumbuhan belanja pemerintah diharapkan bisa tumbuh di angka 5 persen.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 27 Oktober 2020  |  17:05 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Bisnis - Himawan L Nugraha
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Belanja pemerintah menjadi motor pertumbuhan ekonomi selama kuartal III/2020. Kontribusi belanja pemerintah terhadap produk domestik bruto (PDB) bahkan mencapai 18 persen.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa dengan proses akselerasi belanja yang mulai membaik, pemerintah cukup optimis prospek pemulihan ekonomi akan berlanjut pada kuartal IV/2020.

"Untuk pemulihan ekonomi kami terus akan menjaga dan melihat semua indikator baik itu dari segi konsumsi investasi ekspor dan belanja pemerintah," kata Sri Mulyani, Selasa (27/10/2020)

Sri Mulyani akan terus mengawasi dan memanfaatkan momentum untuk mengoptimalkan belanja pemerintah. Dia berharap sampai kuartal IV/2020 pertumbuhan belanja pemerintah tetap bisa tumbuh di angka 5 persen.

Namun, dia mengatakan pertumbuhan ini bisa dicapai dengan asumsi seluruh momentum belanja dan eksekusi belanja baik pemulihan ekonomi maupun seluruh belanja kementerian dan lembaga tetap bisa terjaga untuk konsumsi rumah tangga.

Pemerintah, kata dia, akan melihat kinerja perekonomian dari kuartal ketiga hingga kuartal keempat dan diharapkan akan mulai mendekati titik nol persen.

Sri Mulyani sendiri memproyeksikan bahwa kuartal ketiga kontraksi akan terjadi dalam kisaran minus 1 persen hingga minus 2,9 persen. Sementara keseluruhan tahun masih sama dengan proyeksi yang telah disampaikan yakni di minus 0,63 persen minus 1,72 persen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sri mulyani belanja pemerintah kssk
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top