Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Genjot KPR, Pengembang Rumah Subsidi Rela Beri Stimulus

Para pengembang rumah bersubsidi ramai-ramai memberikan stimulus agar penjualan mereka tetap terjaga.
Ilham Budhiman
Ilham Budhiman - Bisnis.com 29 Maret 2020  |  17:05 WIB
Foto udara kawasan perumahan di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (23/2/2020). Bisnis - Triawanda Tirta Aditya
Foto udara kawasan perumahan di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (23/2/2020). Bisnis - Triawanda Tirta Aditya

Bisnis.com, JAKARTA - Pengembang rumah subsidi harus rela memberikan stimulus kepada konsumen menyusul tekanan yang melanda sektor properti akibat dampak wabah corona atau Covid-19. 

Ketua Umum Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Junaidi Abdillah mengatakan bahwa pihaknya berinisiatif memberikan keringanan terhadap kalangan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dalam pembelian rumah. 

Keringanan itu diberikan semata-mata untuk menggenjot realisasi kredit pemilikan rumah (KPR) bagi kalangan MBR di tengah ketidakpastian ekonomi seperti sekarang ini.

"Kita tetap optimistis badai [corona] segera berlalu, bahkan sekarang ini para pengembang banyak melakukan hal kreatif untuk membantu MBR supaya tetap bisa proses realisasi KPR," katanya pada Bisnis, Minggu (29/3/2020).

Junaidi mengatakan bahwa bentuk keringanan itu diberikan secara beragam oleh para anggota Apersi. Para pengembang ada yang membebaskan uang muka, biaya proses, hingga pemberian subsidi pajak kepada calon konsumen.

Dia mengharapkan keringanan itu dapat dilakukan oleh seluruh anggota Apersi setidaknya hingga jelang Lebaran dan selesainya wabah virus corona di Indonesia. Menurut Junaidi, kebutuhan segmen MBR terhadap rumah harus dapat terpenuhi meskipun dalam keadaan seperti saat ini.

"Begitu juga kepada perbankan dan Kementerian PUPR untuk memberikan kemudahan dalam hal proses dan persyaratan," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kpr rumah subsidi pengembang rumah
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top