Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Beberapa Jaringan Tol Trans Sumatra Tuntas Tahun Ini. Ini Perinciannya

Pembangunan jaringan jalan tol Trans Sumatra terus dikebut dan pada tahun ini ditargetkan ada dua ruas dan belasan segmen yang proses konstruksinya akan rampung.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 19 Februari 2020  |  17:31 WIB
Foto udara jalan tol ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, sepanjang 149,9 km, yang merupakan bagian dari Trans Sumatra, di Lampung, Senin (29/4/2019)./JIBI - Bisnis/Abdullah Azzam
Foto udara jalan tol ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, sepanjang 149,9 km, yang merupakan bagian dari Trans Sumatra, di Lampung, Senin (29/4/2019)./JIBI - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengatur Jalan Tol menargetkan pembangunan dua ruas tol yang menjadi bagian dari jaringan tol Trans Sumatra akan rampung pada tahun ini.

"Kuartal pertama untuk ruas tol Kayu Agung-Jakabaring [Palembang] beres dan kuartal dua untuk seluruh seksi tol Pekanbaru-Dumai," ujar Danang Parikesit, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol kepada Bisnis, Selasa (18/2/2020).

Lebih lanjut, Danang menjelaskan bahwa sebagian konstruksi tol Kayu Agung-Palembang-Betung atau Kapalbetung sudah beres yakni sepanjang 33,5 kilometer.

Sebagian ruas tersebut juga difungsikan sementara pada Natal dan Tahun Baru (Nataru) yaitu mulai dari 23 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020 . Tidak hanya ruas tersebut, pada Nataru tahun lalu, sebagian ruas tol Seksi 1 Pekanbaru-Dumai juga sudah difungsikan untuk sementara.

Sementara itu, Corporate Secretary Hutama Karya Muhammad Fauzan menyampaikan bahwa hingga saat ini seluruh pembangunan jaringan tol Trans Sumatera masih sesuai dengan jadwal.

"Hingga hari ini semua berjalan on schedule. Kita akan berupaya terus dan berharap semua [ruas tol Trans Sumatera] selesai tepat waktu," ujarnya.

Berdasarkan data dari paparan PT Hutama Karya (Persero) dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VI DPR RI di Jakarta pada Senin (17/2/2020), terdapat belasan segmen dalam jaringan tol Trans Sumatera yang ditargetkan selesai pada tahun ini.

Perinciannya, 43 kilometer di ruas Indralaya-Muara Enim yakni 33 kilometer di Indralaya-Prabumulih dan 10 kilometer Prabumulih-Muara Enim.

Kemudian,18 kilometer ruas Lubuk Linggau-Bengkulu tepatnya antara Taba Penanjung-Bengkulu. Selanjutnya, 5 kilometer ruas Betung-Jambi tepatnya pada ruas Tempino-Jambi, 5 kilometer pada ruas Jambi-Rengat, dan di ruas Rengat-Pekanbaru ditargetkan 10 kilometer tuntas.

Sementara itu,  pada ruas Pekanbaru-Padang ditargetkan ada 37 kilometer yang terbagi di beberapa segmen yakni antara Pekanbaru-Bangkinang 21 kilometer, Bangkinang-Pangkalan 5 kilometer, dan Sicincin-Padang 10 kilometer.

Di ruas Dumai-Rantau Prapat tepatnya pada Dumai-Bagan Batu ditargetkan selesai 5 kilometer dan 18 kilometer di ruas Kisaran-Indrapura. Kemudian, 1 kilometer di ruas Medan-Binjai dan 50 kilometer ruas Binjai-Langsa juga diperkirakan selesai tahun ini.

Terakhir adalah di ruas Sigli-Banda Aceh HK menargetkan 20 kilometer selesai tahun ini dari total 73 kilometer.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol bpjt hutama karya tol trans sumatra
Editor : Fitri Sartina Dewi
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top